Tips Filing Dokumen Reservasi di Hotel

Tips Filing Dokumen Reservasi di Hotel

AJAR Hospitality

Tips Filing Dokumen Reservasi di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Setiap hotel umumnya menghasilkan dokumen tercetak maupun tertulis dalam jumlah besar. Dokumen-dokumen tersebut bisa diarsipkan secara manual (di dalam map atau file cabinet) dan juga secara elektronik.

Seperti apapun cara penyimpanannya, Kamu harus memastikan dokumen aman dan mudah ditemukan saat diperlukan. Memproses beragam dokumen kantor dan menggunakan sistem filing yang baik memerlukan keahlian di bidang administrasi.

Apakah yang dimaksud dengan filing?

Filing adalah proses menyimpan dan menyusun dokumen berdasarkan klasifikasi tertentu. Klasifikasi dokumen bisa dibagi menjadi lima kategori:

  • Secara alfabet, dokumen yang disusun berdasarkan alfabet pada nama pengirim atau penerima dokumen, atau sesuai jenis/nama dokumen tersebut.
  • Berdasarkan nomor, yaitu pengarsipan dokumen diurut berdasarkan nomor, seperti room number, account number, invoice number, atau nomor lainnya.
  • Secara geografis, dokumen diurutkan sesuai lokasi atau area tertentu.
  • Sesuai subyek, beberapa dokumen hanya bisa dikategorikan berdasarkan subyeknya, sebagai contoh: surat komplain, daftar menu, dll.
  • Secara kronologis waktu, dokumen disimpan dan diurut sesuai tanggal atau waktu. Misalnya...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News