Tips untuk Mendorong Peserta Coaching Aktif Bertanya

Tips untuk Mendorong Peserta Coaching Aktif Bertanya

AJAR Hospitality

Tips untuk Mendorong Peserta Coaching Aktif Bertanya

AJAR.id – Hello Ajarian! Sesi coaching untuk karyawan umumnya dilakukan sebagai wadah untuk transfer ilmu dan pengembangan keterampilan. Dalam sesi coaching, peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan, karena biasanya mereka merasa kesulitan untuk bertanya di jam kerja.

Nah, sesi coaching adalah saat yang tepat untuk mendorong keaktifan peserta untuk bertanya guna menggali informasi dan pengetahuan sebanyak mungkin. Akan tetapi, beberapa peserta kerap merasa enggan untuk bertanya. Hal ini disebabkan oleh sejumlah alasan, seperti:

  • Peserta khawatir akan dianggap ‘bodoh’ atau tidak memerhatikan penjelasan dari coach
  • Peserta ragu bertanya karena merasa pertanyaan mereka sepele
  • Peserta tidak ingin membuang-buang waktumu untuk menjawab pertanyaan mereka.

Alasan-alasan tersebut harus diatasi agar peserta termotivasi untuk mengajukan pertanyaan dalam sesi coaching. Sebagai coach, Kamu hendaknya melakukan cara-cara berikut untuk mendorong peserta agar aktif bertanya:

  1. Setiap selesai menjelaskan sesuatu, tanyakan kepada peserta apakah mereka memiliki pertanyaan dan beri jeda bagi peserta untuk berpikir mengenai hal yang hendak mereka tanyakan. Tidak ada gunanya Kamu meminta peserta untuk aktif bertanya apabila Kamu terburu-buru...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News