Tips Menyimpan Sup Sesuai Standar Restoran

Tips Menyimpan Sup Sesuai Standar Restoran

AJAR Hospitality

Tips Menyimpan Sup Sesuai Standar Restoran

AJAR.id – Hello Ajarian! Menyimpan makanan akan menjadi sia-sia jika kontainer atau wadah yang Kamu gunakan tidak sesuai. Wadah untuk menyimpan makanan harus tertutup sehingga kedap air dan udara. Selain itu, gunakan wadah yang kondisinya baik sehingga bisa ditumpuk dengan wadah lainnya. Agar kebersihannya terjaga dan bisa digunakan lagi wadah yang Kamu gunakan harus bisa dicuci dan disterilkan.

Jangan lupa untuk memilih wadah yang terbuat dari bahan food-grade. Biasanya wadah berbahan stainless steel adalah yang terbaik, namun Kamu juga bisa menggunakan wadah berbahan plastik food-grade. Pastikan wadah tersebut tidak tergores atau retak.

Untuk menyimpan sup, Kamu bisa menggunakan wadah yang lebih besar. Sup bisa dibagi-bagi ke dalam beberapa wadah sesuai dengan porsi yang akan disajikan. Dengan begini Kamu bisa meminimalisir pemborosan sup. Ukuran wadah yang bisa Kamu gunakan untuk menyimpan sup adalah 1 liter, 5 liter dan 10 liter tergantung penggunaan.

Memberi label pada wadah

Setelah memindahkan sup ke dalam wadah penyimpanan, kini saatnya untuk memberi label pada wadah. Label harus memiliki informasi yang jelas agar tidak membuat bingung staf yang lainnya. Selain itu, label dengan informasi yang jelas akan mempermudah Kamu saat melakukan rotasi stok.

Informasi apa saja yang harus tertera pada label di wadah penyimpanan?

  • Nama produk
  • Tanggal produksi
  • Nama orang yang bertanggung jawab saat produksi
  • Tanggal produk saat dibekukan (jika produk dibekukan)
  • Rekomendasi tanggal penggunaan
  • Adanya bahan-bahan yang bisa membuat alergi atau allergenic

Jika produk akan dijual di luar restoran atau hotel maka label yang Kamu buat harus memuat informasi tambahan lainnya. Kedua prosedur ini sangat penting karena akan sangat membantu untuk menjaga kesegaran, kualitas serta tampilan produk yang akan disajikan.

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News