Tips Menangani Luka Bakar dan Pendarahan

Tips Menangani Luka Bakar dan Pendarahan

AJAR Hospitality

Tips Menangani Luka Bakar dan Pendarahan

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebuah situasi kecelakaan bisa mengakibatkan berbagai hal pada korban yang mengalaminya, misalnya pendarahan dan luka bakar. Dalam situasi seperti ini, upaya pertolongan pertama harus dilakukan demi mencegah luka bertambah parah. Memberi pertolongan pertama juga membantu menenangkan korban selagi menunggu tim medis tiba.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan membahas mengenai cara menangani luka bakar dan pendarahan dengan tepat. Seperti apa caranya?

Menangani Pendarahan

Pendarahan (bleeding) adalah kondisi di mana pasien kehilangan darah tubuhnya. Pendarahan bisa berupa pendarahan internal maupun eksternal. Untuk menghentikan pendarahan, Kamu bisa mengikuti tips berikut:

  • Pertama-tama, kenakan disposable gloves untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi silang (cross-infection).
  • Apabila luka bersih dari kotoran, segera tutupi dengan kain steril. Hal ini dilakukan untuk menghentikan aliran darah. Namun jika darah terus mengalir keluar dari kain, lapisi dengan kain lebih tebal dan angkat kaki atau tangan yang terluka hingga posisinya di atas jantung.
  • Bila ada objek yang tersangkut di dalam luka, stabilkan posisi objek menggunakan gumpalan kain steril, jangan menekan atau mencoba mencabut...
Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News