Tips Memperbaiki Laundry Item yang Rusak

Tips Memperbaiki Laundry Item yang Rusak

AJAR Hospitality

Tips Memperbaiki Laundry Item yang Rusak

AJAR.id – Hello Ajarian! Beberapa hotel memiliki layanan in-house laundry service yang bertugas menangani kebutuhan laundry untuk linen hotel dan pakaian tamu. Setiap laundry item tersebut harus diproses dengan benar sesuai standar, terutama untuk pakaian tamu yang biasanya memiliki request tersendiri. Akan tetapi, bagaimana jika ada kesalahan dalam proses laundry yang mengakibatkan kerusakan?

In-house laundry di hotel besar umumnya memiliki sewing room tersendiri di mana tersedia beberapa mesin jahit. Namun bila hotel tidak menyediakan sewing room, kebutuhan jahit menjahit akan dilimpahkan ke jasa penjahit di luar hotel.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan memberikan beberapa tips dalam memperbaiki laundry item yang rusak. Simak yuk!

Memperbaiki guest clothing

Periksa apakah guest clothing yang sudah dicuci membutuhkan minor repair alias perbaikan kecil. Bila ada pakaian yang harus diperbaiki, kirimkan ke sewing department sebelum pakaian disetrika. Minor repair bisa berupa mengganti kancing lepas atau menjahit bagian yang lepas. Perbaikan ini umumnya tidak dikenakan biaya. Sementara perbaikan seperti mengganti ritsleting biasanya akan dikenakan biaya tertentu.

Memperbaiki linen

Tergantung dari seberapa kerusakan pada linen, linen bisa direparasi atau dimodifikasi. Perlu adanya standar reparasi linen yang ditetapkan hotel, karena kerusakan yang bisa ditoleransi hotel bintang dua mungkin berbeda dengan standar hotel bintang lima.

Berikut beberapa contoh reparasi untuk linen yang bisa Kamu lakukan:

  • Bila bedsheet memiliki sobekan di ujung luar, maka akan dijahit dan bagian ini nantinya diposisikan di bagian ujung dalam kasur agar tidak terlihat langsung dari luar.
  • Kalau sobekan terletak di tengah-tengah, bagian kain sisanya bisa diukur untuk dijadikan bedsheet yang lebih kecil. Contoh: king-size bedsheet dibuat menjadi single bedsheet atau baby cot bedsheet. Bisa juga dimanfaatkan untuk menjadi
  • Sama halnya dengan bedsheet, towel ukuran besar juga bisa dimodifikasi menjadi hand towel dan face towel.
  • Handuk yang sudah usang bisa dimanfaatkan untuk handuk staf.
  • Tablecloth banquet berukuran besar bisa dimodifikasi menjadi tablecloth ukuran kecil atau menjadi tray mat.
  • Tablecloth yang sobek bisa dibuat ulang menjadi apron dan tali apron.
  • Kain yang sobek dan bolong bisa dimanfaatkan untuk membuat syal leher chef (chef neckerchief).
  • Selain menjahit, cara lain yang bisa digunakan untuk memperbaiki linen adalah dengan heat patch. Heat patch adalah potongan kain putih yang ditaruh pada bagian yang bolong/sobek kemudian ditempelkan dengan heat machine. Meski hasilnya tidak sebagus bila dijahit, pilihan ini dianggap efektif untuk menambal lubang pada linen.
  • Mattress protector yang sudah lapuk bisa dipotong-potong lalu dijahit untuk dijadikan oven cloths.

Saat ada linen rusak dan tidak digunakan lagi, Kamu perlu menghitung dan mencatat jumlahnya kemudian dilaporkan pada laundry manager. Rekapitulasi jumlah stok linen harus dicek dan ditinjau setiap bulannya untuk mengetahui jumlah linen baru yang harus disediakan. Hal ini dilakukan untuk menjaga stok agar kebutuhan linen hotel tetap terpenuhi. Karena, bila jumlah linen kurang tentu akan menyebabkan masalah dalam operasional hotel.

Baca juga: Berbagai Posisi Kerja dalam In-House Laundry Service

Salam jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News