Tips Food Handling untuk Telur dan Dairy Products bagi Food Handler

Tips Food Handling untuk Telur dan Dairy Products bagi Food Handler

Editor Ajar

Tips Food Handling untuk Telur dan Dairy Products bagi Food Handler

AJAR.id – Hello Ajarian! Kamu sudah mempelajari Teknik Food Handling yang Benar pada artikel sebelumnya. Perlu diketahui, definisi dari food handling adalah kegiatan yang mencakup proses pembuatan, penyimpanan, pengangkutan, pengiriman, pengolahan, penyajian makanan hingga pengaturan tampilan makanan.

Oleh karena itu, setiap orang yang melakukan salah satu dari kegiatan tersebut akan dianggap sebagai food handler. Dengan kata lain, food handler merupakan sebutan bagi orang yang secara langsung terlibat dalam pengolahan makanan atau orang yang menjamah makanan tersebut.

Sebagai food handler, Kamu wajib mengenakan pakaian yang bersih setiap hari. Tak hanya itu, diwajibkan pula untuk menjaga kebersihan diri dengan selalu mandi setiap hari sebelum bekerja. Berikut tips food handling untuk telur dan dairy products:

  1. Telur harus tetap berada dalam kontainer atau kemasan aslinya hingga telur akan digunakan untuk bahan masakan.
  2. Cream dan milk wajib disimpan dalam suhu di bawah 4oC dan tetap pada kemasan aslinya.
  3. Selalu lakukan pengecekan berkala atas masa kadaluarsa produk. Utamakan FIFO (First In First Out) dalam menggunakan bahan baku agar produk terpakai sebelum waktu kadaluarsanya tiba.
  4. Bila ada produk yang sudah dibeli namun ternyata tidak aman dikonsumsi, segera hubungi pihak supplier. Pisahkan produk tersebut dari produk lainnya.
  5. Kalau produk dipindahkan ke wadah lain dari kemasan aslinya, pastikan wadah tersebut selalu dibersihkan dulu sebelum diisi.
  6. Untuk penyajian susu, dilarang mengisi ulang botol susu yang sudah dikonsumsi dengan susu yang baru.
  7. Saat ada susu yang dikembalikan oleh tamu, segera buang dan jangan digunakan kembali.

Itulah beberapa tips dalam food handling khusus telur dan dairy products. Dengan melakukan hal-hal di atas, Kamu berperan dalam menjaga kualitas bahan makanan sehingga bisa diolah dan dikonsumsi dengan aman. Selain telur dan dairy products, pelajari juga bahan baku lainnya pada artikel Mengenal Dry Goods yang Digunakan dalam Kitchen.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News