Tips Berkomunikasi agar Tidak Terjadi Kesalahpahaman

Tips Berkomunikasi agar Tidak Terjadi Kesalahpahaman

AJAR Hospitality

Tips Berkomunikasi agar Tidak Terjadi Kesalahpahaman

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Bagi para pekerja di bidang jasa, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik sangatlah dibutuhkan karena Kamu akan sering berinteraksi dengan banyak orang. Khususnya sebagai pelaku industri pariwisata, Kamu akan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja, tamu hotel, klien bisnis, staf pemerintahan atau organisasi swasta, penduduk lokal, hingga dengan media.

Komunikasi dengan orang-orang tersebut dapat terjadi di mana saja, mulai dari di dalam lingkungan kerja, pada back-of-house dan front-of-house, area resepsionis, dalam perjalanan wisata, saat ada penyelenggaraan acara, serta ketika berbicara melalui telepon.

Ada berapakah jenis komunikasi?

Media komunikasi yang digunakan dalam suatu industri dapat bervariasi, aturan perusahaan atau jenis sektor industrinya bisa menjadi faktor penentu. Akan tetapi, jenis komunikasi yang paling dasar terdiri dari 4 jenis:

  1. Verbal ─ meliputi komunikasi secara langsung (face-to-face) maupun lewat telepon, baik dengan bahasa Indonesia, Inggris, maupun bahasa daerah
  2. Tertulis ─ segala komunikasi tertulis yakni mencakup e-mail, surat, poster, label, materi iklan
  3. Non-verbal ─ dilihat dari ekspresi wajah, gestur tubuh, bahasa tubuh
  4. Komunikasi yang menggunakan penerjemah/interpreter sebagai perantaranya

Apa saja yang harus diperhatikan dalam...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

AJAR in The News


DTA Square
Babarsari, Caturtunggal
Depok, Kab. Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta
55281 - Indonesia

Subscribe to our newsletter