Tiga Prosedur Evaluasi dan Tindakan Penyesuaian Pengendalian Risiko

Tiga Prosedur Evaluasi dan Tindakan Penyesuaian Pengendalian Risiko

AJAR Hospitality

Tiga Prosedur Evaluasi dan Tindakan Penyesuaian Pengendalian Risiko

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam suatu tindakan pengendalian risiko tentu diperlukan evaluasi pengendalian, termasuk juga penyesuaian tindakan yang (bila diperlukan) bertujuan untuk memastikan bahwa tindakan yang dilakukan telah berjalan dengan efektif.

Seperti halnya dua tindakan terdahulu (identifikasi dan penilaian risiko), pemantauan terhadap pelaksanaan tindakan pengendalian risiko juga tidak boleh diabaikan. Jangan sampai ada satu risiko pun yang luput dari perhatian sehingga akhirnya berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja (K3) karyawan.

Selain itu, fungsi dari monitoring kegiatan pengendalian risiko adalah untuk memastikan apakah proses yang berjalan sudah sesuai dengan perencanaan atau belum, atau malah diperlukan penyesuaian (perubahan) dalam tata pelaksanaan kegiatan itu sendiri.

Oleh karena itu, sebelum pelaksanaan pengendalian risiko dilakukan perlu disusun perencanaan terlebih dahulu dengan melibatkan unsur-unsur seperti:

  • Penunjukkan petugas pelaksana – pemilihan petugas pelaksana tindakan pengendalian risiko harus berdasarkan pada tanggung jawab yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan atau posisi orang tersebut.
  • Penentuan waktu pelaksanaan – menentukan tanggal, frekuensi pelaksanaan (mingguan atau bulanan), atau pada saat-saat tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan industri.
  • Menentukan sasaran pengecekan – target operasi...
Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News