Teknik Questioning dalam Berkomunikasi di Perhotelan

Teknik Questioning dalam Berkomunikasi di Perhotelan

AJAR Hospitality

Teknik Questioning dalam Berkomunikasi di Perhotelan

AJAR.id – Hello Ajarian! Tindakan untuk melontarkan pertanyaan atau questioning merupakan ‘senjata’ jitu dalam berkomunikasi. Karena, questioning memungkinkan Kamu untuk memperoleh informasi yang diinginkan.

Ada juga teknik reflective questioning yang konsepnya sama dengan reflective listening yaitu mengulangi informasi yang disampaikan lawan bicara. Contohnya: “Jadi, Anda merasa tidak puas dengan cita rasa makanannya ya?”

Beberapa fungsi menggunakan teknik questioning dalam berkomunikasi adalah untuk:

  • Menunjukkan pada lawan bicara bahwa Kamu memang mendengarkan mereka.
  • Memberi tanggapan sebagai tanda bahwa Kamu fokus pada permasalahan utama yang dilontarkan lawan bicara.
  • Mendorong lawan bicara untuk terus menyampaikan apa yang ada di benak mereka.
  • Mendorong lawan bicara untuk memperjelas apa yang telah disampaikan. Kebanyakan orang cenderung mengatakan informasi lebih saat mereka didorong untuk terus berbicara.

Ada dua jenis kalimat tanya, yaitu terbuka dan tertutup. Pertanyaan tertutup ditandai dengan jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’ saja, sehingga tidak banyak informasi yang bisa diperoleh.

Akan lebih baik jika Kamu menggunakan pertanyaan terbuka. Karena, Kamu bisa menggali informasi lebih dalam dan mendorong...

Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News