Taukah Kamu Penghasilan Hotel Selain dari Kamar? Yuk Kenali Business Center

Taukah Kamu Penghasilan Hotel Selain dari Kamar? Yuk Kenali Business Center

Editor Ajar

Taukah Kamu Penghasilan Hotel Selain dari Kamar? Yuk Kenali Business Center

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagian dari kalian mungkin tahu bahwa pendapatan yang dihasilkan oleh hotel selain pendapatan dari occupancy kamar adalah pendapatan dari restaurant. Hal tersebut memang benar. Namun, masih ada penghasilan lain-lain yang non operasional. Pendapatan lain-lain non operasional milik hotel salah satunya adalah pendapatan yang berasal dari business center.

Lalu, Apa Business Center?

Business center adalah tempat atau area yang digunakan untuk berbagai macam kegiatan bisnis yang bisa diakomodir oleh pihak hotel. Selain dioperasionalkan oleh pihak hotel untuk tempat fotocopy maupun faximile dan layanan kantor, sebagian dari space area yang terdapat di business center disewakan ke pihak luar yang mau menyewa area tersebut. Proses penyewaan kepada pihak luar tersebut dilakukan per tahun, atau sewa tahunan.

Siapa yang Mengelola Business Center Milik Hotel?

Area business center yang dikelola sendiri oleh hotel seperti fasilitas fotocopy, faximile, penerjemah, dan ruang untuk rapat skala kecil (maks 30 orang) menjadi tanggung jawab departemen front office untuk mengelolanya. Sedangkan space area yang masih kosong dan bisa disewakan ke pihak luar hotel dikelola oleh departemen sales and marketing untuk menjual space area business center tersebut.

Siapa Saja Pihak Luar yang Menyewa Space Area Business Center Milik Hotel?

  • Pihak Bank
    Pihak bank biasanya menyewa space area business center milik hotel untuk membuat counter mesin ATM sehingga tamu hotel tidak perlu berjalan jauh apabila harus mengambil/menarik saldo tabungannya. Selain membuat counter mesin ATM, biasanya pihak bank juga menyewa space area business center untuk membuat unit pelayanan setingkat kecamatan agar mempermudah jangkauan bagi masyarakat yang akan melakukan transaksi kepada bank tersebut.
  • Perusahaan Money Changer
    Pihak yang menyewa space area business center milik hotel selanjutnya adalah perusahaan yang melakukan jual beli kurs mata uang asing atau money changer. Yap, Money changer ini adalah tempat yang sangat penting bagi wisatawan yang berasal dari mancanegara. Dan hotel adalah salah satu tempat untuk menginap bagi wisatawan mancanegara tersebut sehingga agar menjangkau tamu wisatawan mancanegara ini, perusahaan money changer akan menyewa space area business center milik hotel. Ada beberapa business center yang disewakan untuk money changer, terutama untuk hotel yang berlokasi di Bali dan Yogyakarta yang notabene sebagai daerah destinasi wisata internasional.
  • Perusahaan Offline Tour Agent dan Perwakilan Maskapai Penerbangan
    Offline tour agent dan perwakilan Maskapai penerbangan menyewa business center milik hotel untuk mempermudah tamu hotel apabila ingin melakukan reservasi tiket pesawat dan kereta. Selain itu, offline tour agent juga menyediakan paket wisata yang bisa dibeli oleh tamu hotel apabila ingin menikmati perjalanan wisata berupa city tour.
  • Perusahaan Jasa Ekspedisi dan Kantor Pos
    Space area business center milik hotel juga bisa digunakan oleh perusahaan jasa ekspedisi maupun disewa oleh pihak PT POS Indonesia untuk membuka unit pelayanan agar mempermudah tamu maupun karyawan hotel apabila ingin mengirimkan paket maupun surat.
  • Pengusaha UMKM Setempat
    Space area business center milik hotel yang disewa oleh pengusaha UMKM biasanya digunakan untuk menjual produk-produk ciri khas daerahnya. Seperti di Yogyakarta, ada spacebusiness center yang digunakan untuk toko jual beli baju batik maupun kerajinan tradisional khas daerah Yogyakarta. Dengan adanya busines center yang memfasilitasi pengusaha lokal untuk berjualan di hotel, pihak hotel sudah membantu untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif di daerahnya.

Itulah beberapa pihak dari luar hotel yang menyewa space area business center milik hotel. Adanya fasilitas business center dapat membantu hotel untuk mendapatkan pemasukan revenue dari kegiatan non operasional hotel, walaupun jumlahnya tidak sebesar pendapatan yang berasal dari kegiatan operasional hotel.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Related Article

AJAR in The News