Taukah Kamu Jenis-Jenis Aset di Hotel?

Taukah Kamu Jenis-Jenis Aset di Hotel?

AJAR Hospitality

Taukah Kamu Jenis-Jenis Aset di Hotel?

AJAR.id – Hello Ajarian! Seperti yang kita ketahui, aset adalah salah satu harta yang dimiliki oleh unit hotel. Tanpa aset, unit hotel tidak bisa melakukan kegiatan operasional sehari-hari untuk melayani tamu.

Di dalam ilmu akuntansi, aset adalah sumber daya yang dikuasai oleh unit hotel sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari mana manfaat ekonomi di masa depan diharapkan akan diperoleh unit hotel tersebut. Singkat kata, aset merupakan harta yang dimiliki oleh unit hotel.

Lalu apa saja jenis aset-aset di hotel?

Jenis-jenis aset di hotel dibagi menjadi 3 bagian besar berdasarkan wujudnya, yaitu:

Bagian Pertama: Aset Berwujud/Aset Tetap

Aset tetap dalam akuntansi adalah aset berwujud yang dimiliki dan digunakan dalam proses produksi atau penyediaan barang atau jasa untuk direntalkan kepada pihak lain atau untuk tujuan administratif dan digunakan selama lebih dari satu periode.

Contohnya: gedung , kendaraan, komputer, tanah, barang elektronik dll.

Selain tanah, aset tetap tersebut mengalami penyusutan terhadap "nilai" barang seiring dengan realisasi masa ekonomisnya (umur pemanfaatannya). Istilah mudahnya untuk memahami penyusutan adalah ketika kita membeli mobil seharga 500 juta dan kita pakai selama 5 tahun, ketika mau dijual nilai mobil tersebut berada di bawah harga 500...

Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News