Tahapan-Tahapan Membersihkan Kamar Tamu di Hotel

Tahapan-Tahapan Membersihkan Kamar Tamu di Hotel

Editor Ajar

Tahapan-Tahapan Membersihkan Kamar Tamu di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai room attendant, tugas membersihkan dan merapikan kamar di hotel melibatkan skill yang terlatih serta wawasan seputar objek yang akan Kamu bersihkan.

Selain itu, room attendant juga dituntut untuk bekerja dengan gesit dan cermat, mengingat jumlah kamar yang harus dirapikan tentu tidak sedikit. Agar mampu bekerja dengan efektif dan efisien, Kamu perlu memahami tahapan-tahapan yang dilakukan dalam proses membersihkan kamar tamu di hotel. Apa sajakah tahapan yang dimaksud? Simak di bawah ini yuk!

  1. Pertama-tama, ketuk pintu kamar dengan sopan ─ ketuklah pintu setidaknya tiga kali untuk memastikan keberadaan tamu dalam kamar.
  2. Bukalah pintu ─ bila sudah diizinkan masuk, buka pintu kamar dan masuklah. Kalau ternyata tamu sedang tidak ada di kamarnya, gunakan kunci untuk membuka pintu.
  3. Posisikan troli di depan pintu ─ hal ini untuk memudahkanmu mengambil perlengkapan yang dibutuhkan untuk membersihkan kamar. Jangan sampai troli menghalangi tamu lain yang ingin lewat ya!
  4. Bukalah tirai dan jendela ─ agar sirkulasi udara bisa berlangsung sementara Kamu membersihkan kamar.
  5. Buang sampah-sampah serta amenities kamar yang terpakai ─ kumpulkan pada trash bag di troli.
  6. Bersihkan showerbathtub, wastafel dan bagian kamar mandi lainnya.
  7. Gantilah linen dan rapikan kasur ─ periksa juga apakah ada benda berbahaya seperti jarum yang tertancap di kasur atau barang milik tamu yang terselip di linen.
  8. Periksa apakah ada bagian linen yang rusak!
  9. Lakukan inspeksi kamar ─ periksa apakah alat dan fasilitas dalam kamar berfungsi baik seperti AC, televisi, hairdryer, jika ada kerusakan segera lapor ke petugas maintenance.
  10. Catat dan laporkan bila ada lost and found atau permasalahan lain.
  11. Bersihkan setiap room decorations ─ terapkan teknik dusting untuk membersihkannya.
  12. Bersihkan furnitur yang ada dalam kamar ─ umumnya cukup dengan dusting saja untuk membersihkan furnitur sehari-hari.
  13. Isi ulang persediaan amenities kamar ─ seperti teh, kopi, gula, sampo, sabun, dll.
  14. Periksalah minibar ─ catat bila tamu mengambil makanan/minuman dari mini bar, lalu isi kembali persediaannya.
  15. Persiapkan kamar untuk kedatangan tamu sesuai permintaan ─ kadang tamu meminta bagian tertentu dibersihkan karena ada tumpahan, atau permintaan seperti untuk menyediakan koran di kamar.
  16. Antarkan atau ambil barang yang dipinjam tamu ─ tamu hotel kerap meminta barang tertentu untuk dipinjam seperti alat setrika dan papan alasnya.
  17. Lakukan tugas pembersihan berkala untuk item tertentu ─ misalnya karpet harus dibersihkan dengan steam karpet seminggu sekali.
  18. Vacuum lantai kamar ─ gunakan mesin vacuum atau sapu untuk membersihkan seluruh permukaan lantai kamar.
  19. Pel lantai bila diperlukan ─ jika ada bagian tertentu yang harus Kamu pel, lakukan sesuai prosedur.
  20. Catat room status dalam lembar work assignment ─ hal ini dilakukan untuk melaporkan status kamar yang Kamu bersihkan agar jumlah kamar bersih dan kotor bisa didata.
  21. Hubungi supervisor atau resepsionis untuk melaporkan status kamar ─ misalnya dari vacant dirty menjadi vacant clean.
  22. Lakukan final check dan tutuplah pintu kamar ─ jangan lupa menguncinya dengan benar demi keamanan tamu hotel.

Setelah selesai menangani kamar tersebut, lanjutkan ke kamar lainnya sesuai urutan yang sudah ditentukan dan jalani tahapan-tahapan di atas kembali ya. Tidak boleh ada yang terlupa lho, Ajarian! Selanjutnya, baca yuk apa saja Karakter Yang Harus Dimiliki Room Attendant Handal yang akan di-publish besok!

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News