Staf Apa Saja yang Berhubungan dengan Room Attendant?

Staf Apa Saja yang Berhubungan dengan Room Attendant?

Editor Ajar

Staf Apa Saja yang Berhubungan dengan Room Attendant?

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Pekerjaan room attendant berfokus pada kebersihan dan kerapian kamar tamu. Seorang room attendant dituntut untuk bisa bekerja dengan gesit dalam membersihkan dan merapikan kamar di hotel, di mana hal ini melibatkan skill yang terlatih serta wawasan seputar objek yang akan dibersihkan. Selain itu, room attendant juga harus mampu bekerja secara tim dan menjalin hubungan baik dengan staf di dalam satu departemen maupun staf dari departemen lain.

Lalu, staf apa sajakah yang berhubungan dengan room attendant?

Di bawah ini beberapa staf yang berhubungan dengan room attendant, yuk simak!

Receptionists – room attendant harus menghubungi resepsionis untuk:

  • Meminta data kamar yang kosong dan waktu check-out tamu agar room attendant bisa segera membersihkan kamar tersebut (vacant dirty rooms)
  • Melaporkan kamar yang sudah dibersihkan agar resepsionis bisa mengubah status kamar menjadi vacant clean dan memberikannya ke tamu yang baru
  • Melayani adanya kebutuhan spesial – terutama saat ada kedatangan tamu VIP yang harus dijamu dengan layanan khusus
  • Menangani permintaan dari tamu – terkait kebutuhan kamar seperti handuk, bantal tambahan atau permintaan untuk mengambil laundry pakaian
  • Mengoordinasikan akses internet.

House Attendants - staf house attendants bertanggung jawab untuk mendistribusikan barang dari kantor housekeeping ke ruang penyimpanan (atau sebaliknya), untuk mempermudah pekerjaan room attendants. Barang-barang yang biasanya diantarkan adalah seperti:

  • Alat kebersihan– ember dan alat pel
  • Chemical – multi-purpose cleaner (MPC)
  • Linen – sprei, sarung bantal, selimut, handuk mandi, handuk wajah, keset
  • Amenities kamar – shampooconditioner, alat tulis, sabun, dll.
  • Linen kotor dan sampah yang harus diambil
  • Laundry tamu yang harus dicuci atau yang sudah dicuci

Maintenance – room attendant akan berhubungan dengan staf maintenance saat ada barang yang perlu diganti/diperbaiki. Misalnya bohlam lampu mati, AC tidak dingin, atau televisi tidak berfungsi.

Mini bar – room attendant bertugas mengecek dan mengisi ulang mini bar di kamar, namun pada hotel tertentu terdapat staf tersendiri yang menangani mini bar. Sehingga, room attendant harus melaporkan kebutuhan mini bar pada mini bar service.

Room Service – saat membersihkan kamar, room attendant akan mengambil tray bekas room service yang dipesan tamu. Tray yang diambil dari kamar akan dikumpulkan pada satu tempat dan kemudian room attendant harus menghubungi room service untuk mengambil tray tersebut.

Security – ketika menjalankan tugas, sebagian besar waktu room attendant dihabiskan pada area lantai kamar tamu sehingga Kamu diharapkan turut menjaga keamanan pada area tersebut. Kamu pun harus peka terhadap sekitar agar bisa menyadari jika ada gerak-gerik mencurigakan. Segera hubungi pihak security saat ada situasi membahayakan.

Hubungan antar staf di departemenmu maupun di departemen lain patut Kamu jaga dengan baik, karena pekerjaanmu membutuhkan teamwork agar bisa melayani tamu secara maksimal. Ciptakan hubungan kerja yang harmonis demi tercapainya visi misi yang telah disepakati. Saat semua orang mampu bersinergi saat bekerja, niscaya hotel pun akan semakin berkembang menjadi lebih baik. Nah, setelah ini baca juga artikel Inilah yang Dibutuhkan Room Attendant Untuk Membersihkan Kamar sebagai gambaran persiapan kerja room attendant.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News