Sistem First In First Out (FIFO) untuk Menyimpan Makanan

Sistem First In First Out (FIFO) untuk Menyimpan Makanan

AJAR Hospitality

Sistem First In First Out (FIFO) untuk Menyimpan Makanan

AJAR.id – Hello Ajarian! Jika makanan disimpan terlalu lama tentu kualitasnya akan memburuk. Sebagai food handler, sangat penting bagi Kamu untuk mengamati tanggal penggunaan dan mengikuti sistem stock rotation 'First In - First Out' (FIFO) yang merupakan standar industri makanan untuk rotasi stok.

Semua makanan – baik yang dipajang pada food display atau disimpan di coolroom, kitchen atau freezer – harus disimpan dan digunakan berdasarkan sistem First In-First Out. Dalam sebagian besar kasus, bahan makanan mulai menurun kualitasnya sesaat setelah diambil, diproduksi atau dikirim.

Sistem FIFO berarti makanan yang dikirim terlebih dahulu harus digunakan lebih dulu. Ikan yang dikirim pada hari Senin harus digunakan sebelum ikan yang dikirimkan pada hari Kamis, saus tomat yang dikirim pada bulan Februari harus digunakan sebelum saus tomat yang dikirimkan pada bulan Maret dan seterusnya.

Dalam praktik sistem First In-First Out, Kamu diharuskan untuk mengatur pengumpulan dan penyimpanan makanan. Ketika hendak menempatkan makanan yang dikirim dari supplier baik ke dry storage, coolroom, atau freezer, Kamu perlu untuk menempatkan kedatangan makanan terakhir di belakang dan memindahkan stok yang ada ke bagian depan.

Mengapa hal ini harus dilakukan?

    ...
Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News