Setelah Membersihkan Funitur Kulit di Public Area Hotel, Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini!

Setelah Membersihkan Funitur Kulit di Public Area Hotel, Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini!

Editor Ajar

Setelah Membersihkan Funitur Kulit di Public Area Hotel, Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini!

AJAR.id─ Hello Ajarian! Bagaimana, apakah Kamu sudah memahami cara membersihkan bahan kulit? Tentunya Kamu sudah paham kan, karena pada artikel tersebut telah dipaparkan dengan jelas cara-cara membersihkan furnitur kulit dengan baik dan benar. Nah, ketika furnitur kulit sudah seluruhnya bersih, periksalah kembali apa yang sudah Kamu kerjakan.

Hal ini tentunya sangat penting supaya untuk memberikan kenyamanan tamu. misalkan sofa di lobi hotel yang baru saja Kamu bersihkan belum benar-benar kering, kemudian ada tamu yang mendudukinya. Tentu hal ini sangat merugikan tamu. Imbasnya Kamu kena semprot oleh atasanmu dan image hotel menjadi jelek. Oleh karena itu, Kamu harus memeriksa kembali hal-hal yang sudah Kamu kerjakan.

Lalu apa sajakah yang harus diperhatikan setelah membersihkan furnitur kulit?

Berikut adalah 5 hal yang harus Kamu pastikan setelah membersihkan furnitur:

Langkah pertama, pastikan telah benar-benar kering
Jangan sampai kondisi benda saat digunakan tamu masih dalam keadaan basah atau belum kering sepenuhnya. Kamu bisa meletakkan papan peringatan bila kondisi furnitur belum benar-benar kering dan siap pakai. Proses pengeringan harus sesuai estimasi waktu, Kamu bisa menggunakan mesin pengering maupun meletakkan benda di area yang mendapat sinar matahari. Selain itu, kamu pun dapat memanfaatkan kertas buram untuk mengeringkan kulit lho, karena jenis kertas ini memiliki daya serap yang tinggi.

Langkah kedua, pastikan tidak ada sisa debu menempel
Sebelum meletakkan kembali benda pada posisinya, periksalah apakah masih ada debu yang tertinggal dari proses pengeringan. Selalu lakukan double check pada seluruh bagian furnitur yang Kamu bersihkan ya, Ajarian.

Langkah ketiga, pastikan telah mengembalikan benda ke posisi semula
Kembalikanlah benda-benda seperti bantal sofa, taplak meja, vas bunga, atau ornamen pelengkap lainnya ke posisi semula setelah furnitur sudah selesai dibersihkan. Susun benda-benda tersebut hingga nyaman dilihat dan tidak terkesan berantakan. Perlu diingat, benda-benda tersebut juga harus dibersihkan dulu ya sebelum diletakkan kembali.

Langkah keempat, pastikan alat dan bahan pembersih telah dikondisikan
Bila kegiatanmu membersihkan furnitur telah rampung, jangan lupa untuk merapikan kembali area tersebut dan menyingkirkan alat-alat pembersih seperti lap dan ember agar tidak mengganggu kenyamanan tamu yang beraktivitas dan letakkan semua bahan kimia yang telah digunakan di area penyimpanan di luar jangkauan anak-anak. Selain itu, pastikan juga vacuum cleaner dan peralatan lainnya telah dibersihkan.

Langkah kelima, pastikan work area telah bersih dan kering
Jangan sampai meninggalkan area pengerjaan begitu saja selepas membersihkan furnitur. Perhatikan apakah ada jejak bekas kotoran, tumpahan air, atau bercak sabun yang tersisa. Terutama di permukaan lantai, pastikan tidak licin karena bisa mengakibatkan tamu tergelincir. Selagi menunggu kering, pasanglah yellow sign yang menandakan bahwa area sedang basah. Seluruh area harus bersih dari kotoran dan telah kering, ya!

Sahabat Ajarian, memastikan kebersihan area kerja bukan soal tuntutan pekerjaan saja, namun harus menjadi keinginan yang muncul dari diri sendiri, sepatutnya Kamu merasa risih saat kondisi sekelilingmu kotor. Ruangan yang bersih dan rapi tentu akan memberikan kenyamanan tidak hanya bagi tamu namun juga bagi para staf hotel yang bertugas.

Salam Jempol!

By Inas Nadiyah

Related Article

AJAR in The News