Setelah Membersihkan Funitur Kain, Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini!

Setelah Membersihkan Funitur Kain, Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini!

Editor Ajar

Setelah Membersihkan Funitur Kain, Jangan Lupa Lakukan 5 Hal Ini!

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Bagaimana dengan artikel 2 teknik membersihkan furnitur kain tadi, apakah Kamu sudah benar-benar memahaminya? Tentunya Kamu sudah paham kan, karena pada artikel tersebut telah dipaparkan dengan jelas teknik-teknik membersihkan furnitur kain.

Nah, setelah furnitur-furnitur kain sudah dibersihkan dengan dua teknik tadi, masih ada beberapa hal yang harus Kamu lakukan sebelum melakukan aktifitas lainnya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan 5 hal yang harus dilakukan setelah membersihkan furnitur kain.

Apa saja kah 5 hal yang harus dilakukan setelah membersihkan furnitur kain?

Berikut adalah 5 hal yang harus Kamu lakukan setelah membersihkan furnitur kain:

  1. Pastikan telah furnitur benar-benar kering
    Seperti halnya membersihkan furnitur kulit, jangan sampai kondisi benda saat digunakan tamu masih dalam keadaan basah atau belum kering sepenuhnya. Kamu bisa meletakkan papan peringatan (yellow sign) bila kondisi furnitur belum benar-benar kering dan siap pakai. Proses pengeringan harus sesuai estimasi waktu. Kamu bisa menggunakan mesin pengering maupun meletakkan benda di area yang mendapat sinar matahari, jika memang diperlukan.
  1. Pastikan tidak ada sisa debu/noda menempel
    Sebelum meletakkan kembali benda pada posisinya, periksalah apakah masih ada debu/noda yang tertinggal dari proses pengeringan. Selalu lakukan double check pada seluruh bagian furnitur yang telah Kamu bersihkan ya, Ajarian.
  1. Pastikan telah mengembalikan benda ke posisi semula
    Kembalikanlah benda-benda seperti bantal sofa, taplak meja, vas bunga, atau ornamen pelengkap lainnya ke posisi semula setelah furnitur selesai dibersihkan. Susun benda-benda tersebut hingga nyaman dilihat dan tidak terkesan berantakan.
  1. Pastikan alat dan bahan pembersih telah dikondisikan
    Bila kegiatanmu membersihkan furnitur telah rampung, jangan lupa untuk merapikan kembali area tersebut dan menyingkirkan alat-alat pembersih seperti lap dan ember agar tidak mengganggu kenyamanan tamu yang beraktivitas dan letakkan semua bahan kimia yang telah digunakan di area penyimpanan dan di luar jangkauan anak-anak. Selain itu, pastikan juga vacuum cleaner telah dibersihkan sebelum diletakkan di tempat penyimpanan.
  1. Pastikan work area telah bersih dan kering
    Jangan sampai meninggalkan area pengerjaan begitu saja selepas membersihkan furnitur. Perhatikan apakah ada jejak bekas kotoran, tumpahan air, atau bercak sabun yang tersisa. Terutama permukaan lantai, pastikan tidak licin karena bisa mengakibatkan tamu terpeluset. Jadi, seluruh area harus bersih dari kotoran dan telah kering, ya!

Sahabat Ajarian, itulah 5 hal yang harus Kamu lakukan setelah membersihkan furnitur kain. Sebagai Housekeeping Jempolan, tentunya Kamu tahu bahwa bersih saja tidak cukup, tapi harus aman dan nyaman.

Salam Jempol!

By Inas Nadiyah

Related Article

AJAR in The News