Serba-Serbi Praline: Komposisi, Cara Pembuatan, dan Penggunaan yang Tepat

Serba-Serbi Praline: Komposisi, Cara Pembuatan, dan Penggunaan yang Tepat

AJAR Hospitality

Serba-Serbi Praline: Komposisi, Cara Pembuatan, dan Penggunaan yang Tepat

AJAR.id – Hello Ajarian! Praline adalah permen yang dibuat dari gula dan kacang (umumnya kacang almond dan hazelnut). Cokelat, susu bubuk, dan sirup cokelat kerap dicampur dengan praline untuk memberikan variasi rasa.

Istilah Praline berasal dari Bahasa Perancis, Pralin. Dinamakan demikian setelah seorang diplomat Perancis abad ke-17, Cesar du Plessis-Praslin, menganjurkan penggunaan almond manis untuk keperluan medis sehingga juru masak sang diplomat meracik almond yang dilapisi karamel gula. Inilah awal mula praline dikenal luas.

Bagaimana cara membuat praline?

Pembuatan praline memiliki beberapa cara tergantung dari rasa dan warna yang diinginkan. Cara pertama untuk membuat praline adalah dengan menyiapkan larutan gula yang kemudian dididihkan pada suhu 120°C. Selanjutnya, Kamu masak kacang dalam gula yang mendidih tersebut hingga berwarna cokelat dan menjadi garing. Praline umumnya dicetak dalam bentuk lempengan agar mudah untuk dipecahkan menjadi kepingan-kepingan.

Cara kedua yaitu dengan melelehkan gula kemudian dicampurkan dengan kacang panggang yang masih panas. Selanjutnya, Kamu dinginkan dan hancurkan praline.

Komposisi dasar untuk membuat praline adalah sebagai berikut:

Penggunaan Praline

Praline sangat serbaguna. Kamu bisa menambahkan praline yang sudah diremukkan ke dalam ice cream, atau memasukkan remahan praline ke dalam adonan cheesecake. Praline juga cocok sebagai topping untuk apel panggang.

Konsistensi praline dapat diubah dengan penambahan Cocoa Butter. Jika praline akan digunakan untuk piping dan ekstrusi (enrobing), hingga 10% dari Cocoa Butter dapat ditambahkan untuk mencapai kekakuan tertentu bagi praline untuk mempertahankan bentuknya. 5% Cocoa Butter diperlukan untuk menstabilkan minyak kacang dan mencegah migrasi lemak.

Kamu harus ingat nih semua pasta praline harus di-temper dahulu sebelum digunakan untuk menstabilkan kristal lemak, semakin tinggi kandungan minyak dari campuran dan semakin rendah kadar Cocoa Butter, semakin rendah suhu tempering dari massa Praline.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News