Serba-Serbi Praline: Komposisi, Cara Pembuatan, dan Penggunaan yang Tepat

Serba-Serbi Praline: Komposisi, Cara Pembuatan, dan Penggunaan yang Tepat

AJAR Hospitality

Serba-Serbi Praline: Komposisi, Cara Pembuatan, dan Penggunaan yang Tepat

AJAR.id – Hello Ajarian! Praline adalah permen yang dibuat dari gula dan kacang (umumnya kacang almond dan hazelnut). Cokelat, susu bubuk, dan sirup cokelat kerap dicampur dengan praline untuk memberikan variasi rasa.

Istilah Praline berasal dari Bahasa Perancis, Pralin. Dinamakan demikian setelah seorang diplomat Perancis abad ke-17, Cesar du Plessis-Praslin, menganjurkan penggunaan almond manis untuk keperluan medis sehingga juru masak sang diplomat meracik almond yang dilapisi karamel gula. Inilah awal mula praline dikenal luas.

Bagaimana cara membuat praline?

Pembuatan praline memiliki beberapa cara tergantung dari rasa dan warna yang diinginkan. Cara pertama untuk membuat praline adalah dengan menyiapkan larutan gula yang kemudian dididihkan pada suhu 120°C. Selanjutnya, Kamu masak kacang dalam gula yang mendidih tersebut hingga berwarna cokelat dan menjadi garing. Praline umumnya dicetak dalam bentuk lempengan agar mudah untuk dipecahkan menjadi kepingan-kepingan.

Cara kedua yaitu dengan melelehkan gula kemudian dicampurkan dengan kacang panggang yang masih panas. Selanjutnya, Kamu dinginkan dan hancurkan praline.

Komposisi dasar untuk membuat praline adalah sebagai berikut:

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

AJAR in The News


DTA Square
Babarsari, Caturtunggal
Depok, Kab. Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta
55281 - Indonesia

Subscribe to our newsletter