Seberapa Sering Area Hotel Harus Dibersihkan?

Seberapa Sering Area Hotel Harus Dibersihkan?

AJAR Hospitality

Seberapa Sering Area Hotel Harus Dibersihkan?

AJAR.id – Hello Ajarian! Kegiatan pembersihan (cleaning activity) dilakukan untuk menghilangkan segala kotoran yang terlihat menggunakan tata cara yang benar dan sesuai aturan. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan seluruh area hotel dalam keadaan bersih dan rapi secara konsisten.

Kegiatan pembersihan objek yang ada di hotel merupakan salah satu bentuk investasi terhadap kualitas objek tersebut agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Kamu perlu menentukan frekuensi pembersihan pada setiap area dan objek yang ada di hotel. Ada beberapa istilah yang digunakan dalam menentukan frekuensi pembersihan:

  1. Daily clean – Merupakan tugas untuk membersihkan area hotel yang harus dilakukan setidaknya satu kali dalam sehari. Beberapa area atau objek bisa saja membutuhkan pembersihan beberapa kali dalam satu hari, contohnya public toilet.
  2. Task of the day – Supervisor bisa memberi instruksi untuk menjalankan tugas spesifik pada satu hari, contohnya: tugas hari ini adalah membersihkan seluruh jendela di lobby, tugas esok hari adalah membersihkan seluruh kursi.
  3. Weekly clean – Yaitu area atau benda yang perlu dibersihkan seminggu sekali. Tugas ini bisa dijadwalkan pada hari tertentu. Sebagai contoh: Area lift harus dibersihkan setiap hari senin.
  4. Team Cleaning – Merupakan tugas pembersihan pada sebuah area yang harus dilakukan secara berkelompok dalam satu waktu. Misalnya dalam membersihkan public toilet, tugas akan dibagi-bagi per orang: ada yang bertugas membersihkan kloset, sementara yang lain membersihkan lantai, dsb. Team cleaning biasanya dilakukan pada area yang luas sehingga bisa menghemat waktu.
  5. Periodic cleaning – Merupakan tugas pembersihan yang dilakukan secara periodik/berkala. Contohnya untuk proses deep cleaning pada karpet atau pembersihan lampu gantung. Jenis pembersihan ini harus direncanakan dahulu dan bisa melibatkan jasa pembersihan dari luar hotel.

Seberapa sering Kamu harus membersihkan area hotel akan ditentukan oleh tingkat penggunaan dan pengunjung yang berada di area tersebut. Berikut contoh-contohnya:

  • Contoh 1 – Bila sebuah restoran beroperasi pada sesi breakfastlunch dan dinner, maka area restoran harus dibersihkan setiap sesi makan berakhir.
  • Contoh 2 – Bila sebuah bar hanya beroperasi malam hari, maka pembersihan cukup dilakukan sehari sekali.
  • Contoh 3 – Bila ruang banquet hanya digunakan pada waktu-waktu tertentu, maka ruangan tersebut cukup dibersihkan setiap selesai digunakan saja.
  • Contoh 4 - Public toilet perlu dibersihkan berkala sepanjang hari, tergantung dari padatnya tamu atau pengunjung. Misalnya, ada 500 tamu wanita yang menghadiri conference di hotel, berarti staf harus standby selama conference berlangsung untuk menjaga kebersihan public toilet agar selalu bersih, kering dan wangi.
  • Contoh 5 – Bila sebuah restoran beroperasi 24 jam, maka perlu dibersihkan dari satu bagian ke bagian lainnya ketika sedang tidak padat pengunjung.

Menentukan frekuensi pembersihan akan membantumu dalam memastikan bahwa setiap area dibersihkan merata. Jadi, tidak ada area yang kurang diperhatikan atau terlampau sering dibersihkan.

Baca juga: Mengapa Area Hotel Wajib Dipelihara Kebersihannya?

Salam Jempol!

By lnas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News