Proses Clear Up Room Service di Hotel

Proses Clear Up Room Service di Hotel

AJAR Hospitality

Proses Clear Up Room Service di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Setelah Kamu Menyajikan Room Service ke kamar tamu, tugas selanjutnya adalah membersihkan atau clear up perlengkapan room service dari kamar. Perlengkapan yang perlu di-clear up meliputi tray, plate, cutlery, serta perlengkapan makan lainnya.

Untuk proses clear up ini, staf room service biasanya akan menyisir tiap lantai untuk mengumpulkan tray yang kerap diletakkan tamu di depan kamar mereka. Hal ini perlu dilakukan berkala agar tray-tray kotor tidak menumpuk di koridor sehingga mengganggu pemandangan.

Kumpulkan room service tray, trolleydanservice item lainnya

Saat kamu hendak mengumpulkan tray dan service item lainnya dari kamar yang sebelumnya memesan room service, ambil tray dari depan kamar tamu. Namun bila tidak ada tray yang diletakkan, Kamu diperkenankan untuk mengetuk kamar dan bertanya apakah tamu ingin tray kotornya diambil. Bila tamu masih belum selesai menggunakannya, jelaskan agar mereka menaruh tray di depan kamar atau cukup membiarkan tray di dalam kamar agar diambil oleh housekeeping keesokan harinya.

Pengumpulan tray juga bisa dilakukan sekaligus saat Kamu menjalankan tugas lainnya, misalnya saat mendistribusikan newspaper ke kamar.

Kembalikanroom service traytrolleydanservice itemdi tempat yang sesuai

Setelah seluruh tray, piring kotor, serta cutlery sudah dikumpulkan, maka selanjutnya Kamu perlu mengembalikan barang tersebut ke area roomservice untuk dicuci.

Unload atau turunkan semua tray dari trolley lalu buang sisa-sisa makanan yang menempel. Sortir dan kelompokkan benda sesuai kategorinya. Pisahkan juga napkin kotor dan kumpulkan dalam dirty linen bag agar bisa dibawa ke laundry.

Setelah trolley sudah kosong, bersihkan trolley menggunakan cloth agar tidak ada kotoran yang tertinggal. Simpan trolley agar bisa digunakan untuk pengantaran berikutnya.

Itulah proses clear up room service di hotel yang perlu Kamu pahami. Agar ada cukup waktu untuk mengumpulkan semua tray dari tiap lantai, tugas clear-up bisa Kamu lakukan setiap saat, terutama ketika Kamu kebetulan melewati koridor kamar.

Baca juga: Enam Langkah Menyajikan Room Service

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News