Prosedur Wake-Up Call di Hotel

Prosedur Wake-Up Call di Hotel

AJAR Hospitality

Prosedur Wake-Up Call di Hotel

AJAR.id – Halo Ajarian! Wake-up call adalah panggilan telepon yang dilakukan oleh telephone operator di hotel untuk membangunkan tamu sesuai waktu yang diinginkan. Biasanya tamu membutuhkan wake-up call karena mereka memiliki kegiatan di pagi hari dan tidak ingin terlambat karena ketiduran.

Melakukan wake-up call sangat penting terutama jika tamu memiliki jadwal penerbangan pesawat atau kereta. Simak prosedur layanan wake-up call untuk tamu berikut ini!

  1. Tulis nama dan waktu
    Ketika ada permintaan wake-up call, catatlah nama tamu, nomor kamar, beserta jam berapa mereka ingin dibangunkan. Data tersebut diisi dalam wake-up call sheet.
  2. Cek daftar nama
    Sebelum menelepon, selalu periksa daftar nama tamu yang perlu dibangunkan agar Kamu bisa mengatur susunan waktu untuk menelepon kamar mereka.
  3. Lakukan panggilan wake-up call
    Telepon ke nomor kamar tamu pada jam yang sudah ditentukan, bila tidak diangkat, ulangi menelepon hingga panggilan diangkat.
  4. Datangi kamar tamu
    Apabila telepon tak kunjung dijawab, datangi kamar tamu untuk membangunkannya. Cek dulu apakah nomor kamar tamu sudah benar agar tidak keliru.

Ada pula tamu yang menginginkan personal wake-up call, di mana tamu dibangunkan oleh room service/concierge secara langsung dengan membawakan kopi, teh, atau jus buah. Selain itu, beberapa hotel juga telah menyediakan alarm clock dalam kamar agar tamu bisa mengatur sendiri alarm untuk mereka. Ketika menjalankan layanan wake-up call, pastikan tidak ada tamu yang terlewat ya!

Baca juga: Cara Menyampaikan Surat/Paket ke Tamu

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News