Prosedur untuk Memantau Kehadiran Tamu di Hotel

Prosedur untuk Memantau Kehadiran Tamu di Hotel

AJAR Hospitality

Prosedur untuk Memantau Kehadiran Tamu di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai staff resepsionis, Kamu harus terus memantau kehadiran para tamu dengan cara membuat prediksi jumlah tamu yang hadir dan menghitung jumlah tamu yang datang ke hotel. Hal ini perlu dilakukan untuk mengoptimalkan penjualan kamar.

Kerugian akibat gagalnya penjualan dalam sehari tidak akan pernah bisa tergantikan. Maka dari itu, beberapa hotel akan memberikan potongan harga kamar jika tamu yang datang tidak banyak atau sepi.

Kondisi ini juga menjadi awal mula dibuatnya sistem wait list. Wait list adalah sebuah daftar yang berisi data para tamu yang memesan namun belum bisa mendapatkan kamar karena penuh. Tamu dalam daftar wait list akan mendapatkan kamar ketika hotel menerima pembatalan pesanan atau ada tamu yang melakukan check out lebih cepat.

Penyimpangan terjadi bila prediksi jumlah tamu tidak sesuai dengan jumlah tamu yang datang ke hotel. Jika sudah terindikasi penyimpangan, maka hotel perlu melakukan tindakan sebagai berikut:

  1. Memberikan denda no show pada tamu yang sudah melakukan pemesanan namun tidak datang ke hotel
  2. Periksa kembali tipe kamar yang sudah dipesan, pastikan kamar yang sudah dipesan aman, karena meski tamu tidak datang ke hotel, mereka sudah membayar untuk kamar tersebut
  3. Jika ada tamu yang belum datang di waktu yang telah ditentukan, Kamu bisa menghubunginya lewat telepon atau email. Jika tidak bisa dihubungi, tamu tersebut dapat dikenai denda no show dan kamar yang sudah dipesan bisa diberikan pada tamu yang lain. Namun, apabila tamu tersebut datang ke hotel melewati batas waktu yang telah ditentukan, Kamu bisa menjelaskan bahwa kamar yang mereka pesan terpaksa dibatalkan. Informasikan juga bahwa Kamu telah mencoba menghubungi mereka.
  4. Menawarkan kamar pada tamu yang ada di dalam daftar wait list – wajar bila hanya sedikit tamu dalam daftar wait list yang menerima tawaranmu. Karena begitu reservasi mereka ditolak, mereka akan langsung mencari penginapan yang lainnya.
  5. Mengecek kembali keakuratan pada sistem – ada kalanya para staff melakukan kesalahan ketika meng-input tanggal reservasi. Jika menemui keadaan seperti ini, Kamu harus segera meng-update ketersediaan kamar.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang dapat Kamu lakukan untuk memantau kehadiran tamu di hotel. Beberapa hotel biasanya memiliki standar prosedur masing-masing untuk kondisi ini.

Baca juga: Cara Melakukan Panggilan Telepon Secara Profesional

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News