Prosedur Penanganan Sisa Makanan di Akhir Shift

Prosedur Penanganan Sisa Makanan di Akhir Shift

AJAR Hospitality

Prosedur Penanganan Sisa Makanan di Akhir Shift

AJAR.id – Hello Ajarian! Salah satu prosedur penting setelah shift berakhir adalah membuang sisa makanan. Sisa makanan harus ditangani dengan benar agar kebersihan restoran tetap terjaga serta kualitas makanan yang disajikan tetap baik.

Sebagai seorang food handler, tentunya Kamu harus mencuci tangan dengan baik setelah membuang sampah sisa makanan sebelum bergelut kembali dengan makanan yang akan disajikan pada pelanggan.

Menangani sisa makanan

Biasanya yang bertanggung jawab untuk membuag sisa makanan adalah staf dapur. Makanan yang menjadi display dan tidak dimakan termasuk ke dalam sampah sisa makanan. Namun, tidak ada larangan untuk menggunakan kembali sisa makanan asalkan sesuai dengan peraturan yang berlaku di tempat kerjamu.

Jika sisa makanan akan dipakai kembali, Kamu harus mengembalikan makanan dari bain-marie atau meja buffet ke dapur untuk diproses. Berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan untuk memproses kembali sisa makanan:

  • Makanan beresiko tinggi tidak boleh digunakan lagi. Contohnya adalah makanan yang sudah berada di luar selama 4 jam dan dalam suhu danger zone yakni 5°C hingga 60°C. Makanan yang beresiko tinggi adalah makanan yang mengandung protein tinggi termasuk daging sapi, daging unggas, seafood serta dairy products.
  • Sisa makanan yang akan digunakan kembali harus diletakkan dalam wadah tertutup lalu disimpan di dalam kulkas.
  • Sisa makanan yang akan digunakan kembali harus segera dikonsumsi pada sesi pelayanan selanjutnya.
  • Sisa makanan yang akan disajikan kembali dalam keadaan panas harus dipanaskan kembali dengan suhu 75°C selama 1 menit.
  • Jika Kamu meragukan kualitas sisa makanan yang akan disajikan kembali sebaiknya langsung dibuang saja.

Kebijakan restoran atau hotel

Setiap restoran atau hotel pasti memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk menangani sisa makanan. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin akan dilakukan:

  • Membuang semua sisa makanan. Beberapa restoran atau hotel biasanya mengharuskan untuk membuang semua sisa makanan yang ada.
  • Mengizikan staf mereka untuk mengkonsumsi sisa makanan. Beberapa restoran atau hotel ada yang memiliki kebijakan ini, namun sebaiknya jangan terlalu diharapkan.
  • Menyimpan sisa makanan yang mahal dan membuang sisa makanan yang murah. Biasanya hal ini terjadi pada hidangan daging dan sayuran.
  • Memisahkan benda sekali pakai dan sampah sisa makanan.

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News