Prosedur Membersihkan Peralatan untuk Membuat Minuman Non-Alkohol

Prosedur Membersihkan Peralatan untuk Membuat Minuman Non-Alkohol

AJAR Hospitality

Prosedur Membersihkan Peralatan untuk Membuat Minuman Non-Alkohol

AJAR.id – Hello Ajarian! Sesuai dengan peraturan yang ada di dalam Food Safety Plan, peralatan yang digunakan untuk membuat minuman non-alkohol harus dibersihkan secara rutin. Peralatan biasanya dibersihkan setelah shift berakhir atau setiap selesai digunakan.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membersihkan peralatan yang digunakan untuk membuat minuman non-alkohol:

  1. Bongkar dan bersihkan peralatan dengan air panas dan sabun lalu lap dengan kain. Kamu harus memastikan prosedurnya sudah sesuai dengan instruksi dari restoran tempatmu bekerja.
  2. Menggunakan sanitizer untuk membersihkan tangan.
  3. Merendam dispenser minuman ke dalam air soda semalaman. Selain itu, Kamu gosok juga noda yang masih lengket pada dispenser seperti noda sirup atau gula.
  4. Cuci dan keringkan alat pembuat kopi, termasuk komponen-komponen di dalamnya.
  5. Cuci dan lap teko penampung kopi.
  6. Bongkar dan bersihkan keran pada dispenser secara rutin. Jika tidak dibersihkan maka noda akan menumpuk pada ujung dispenser. Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat.

Selain berpedoman dari cara di atas, Kamu bisa membersihkan peralatan dengan menggunakan cara yang sudah tertera pada masing-masing alat. Namun, jika masih ragu-ragu, Kamu bisa menghubungi pabrik pembuat alat tersebut untuk mengirimkan ulang panduan tersebut.

Selain itu, Kamu juga bisa menghubungi restoran lain yang menggunakan peralatan yang sama dan menyalin panduan untuk membersihkan peralatan tersebut.

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News