Posisi Concierge dalam Struktur Hotel

Posisi Concierge dalam Struktur Hotel

Editor Ajar

Posisi Concierge dalam Struktur Hotel

AJAR.id─ Hello Ajarian! Tugas serta tanggung jawab staf concierge di hotel telah dibahas dalam artikel sebelumnya (baca dulu: Inilah 3 Tugas Utama Concierge di Hotel). Namun, di manakah posisi concierge dalam struktur hotel? Divisi apa saja sih yang berada di bawah kendali kepala concierge? Untuk mengetahuinya, ikuti pembahasan AJAR.id di bawah ini ya!

  • Porter: bertugas membawakan barang tamu dari lobby menuju kamar maupun sebaliknya.
  • Door person: yaitu staf yang berjaga pada pintu utama hotel dan membukakannya pada setiap tamu yang masuk atau keluar.
  • Guest services desk: merupakan staf khusus yang tugasnya menjelaskan informasi seputar produk dan servis yang dimiliki hotel
  • Valet parking: biasa disebut juga valet attendant, bertugas menerima kunci kendaraan dari pengemudi lalu memarkirkannya di area parkir valet serta mengambilkan kendaraan tersebut saat tamu akan menggunakannya.
  • Chauffeur Limo or Bus: bertanggung jawab mengemudikan limosin/bus untuk menjemput tamu dan mengantarkannya ke destinasi yang dituju.
  • Bell hops dan pageboys: memiliki tugas yang sama dengan doorman dan porter, yakni menyambut tamu lalu membantu membawakan barang mereka.
  • Lift attendants: yaitu petugas yang mengoperasikan elevator/lift di hotel.
  • Groups liaison: bertugas untuk menangani tamu kelompok yang menginap di hotel

Para staf ini disebut juga sebagai ‘uniformed staff’, karena wajib menggunakan seragam hotel saat bekerja. Kinerja staf concierge akan dilaporkan oleh Supervisor concierge kepada Manajer front office. Manajer front office itu berada di bawah departemen room division ya Ajarian. Sebagai informasi tambahan, room division merupakan divisi dalam hotel yang khusus menangani tamu, yakni front office, housekeeping, security, room service, maintenance, dan concierge.

Salam Jempol!

By Inas Nadiyah

Related Article

AJAR in The News