Persiapan Pra-Kerja Room Attendants di Hotel

Persiapan Pra-Kerja Room Attendants di Hotel

Editor Ajar

Persiapan Pra-Kerja Room Attendants di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai room attendant, kewajiban utamamu adalah memelihara kebersihan ruang kamar tamu di hotel. Nah, AJAR.id akan menjelaskan berbagai macam persiapan tugas harian room attendants di hotel.

Berikut ini 6 persiapan yang harus dilakukan room attendant:

  1. Siapkan master keys,  pastikan kamu menyiapkan master keys untuk akses membuka kamar sesuai dengan data kamar yang akan dibersihkan.
  2. Mengambil lembar daily room allocation, lembar ini berisi data kamar hotel yang terisi dan yang kosong. Dengan mengecek lembar daily room allocation akan memudahkanmu mengetahui jumlah kamar yang harus ditangani pada hari itu.
  3. Mengisi persediaan dalam troli housekeeping. Siapkan dan  simpanlah berbagai persediaan seperti linen, amenities kamar, hingga alat dan chemical untuk proses pembersihan. Pastikan troli sudah diisi sesuai kebutuhan sebelum menjalankan tugas harianmu. Lebih lanjut akan diulas pada artikel Perlengkapan Yang Dibutuhkan Room Attendant Untuk Membersihkan Kamar.
  4. Mengisi ulang dan menyimpan stok persediaan, periksalah housekeeping storage, apakah ada yang perlu ditambah stoknya atau tidak sehingga stok selalu sedia saat dibutuhkan.
  5. Menentukan urutan kamar yang harus dibersihkan dan diurutkan sesuai dengan nomor kamar atau lantai, bisa juga sesuai jam check-out/check-in tamu.
  6. Periksa apakah ada special request dari tamu misalnya permintaan extra bed, pergantian sprei, dan lain-lain.

Jika enam hal di atas sudah kamu siapkan, maka kamu bisa menjalankan tugasmu untuk membersihkan kamar tamu. Manfaat persiapan pra-kerja adalah agar pekerjaanmu bisa terarah dan membuatmu mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Nah, bila Ajarian sudah siap menjalankan tugas, baca juga artikel Cara Membersihkan Kamar Tamu di Hotel.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News