Pemicu Timbulnya Konflik dan Kesalahpahaman

Pemicu Timbulnya Konflik dan Kesalahpahaman

AJAR Hospitality

Pemicu Timbulnya Konflik dan Kesalahpahaman

AJAR.id – Hello Ajarian! Setiap lingkungan kerja tentu tidak terlepas dari situasi konflik dan kesalahpahaman. Tiap individu memiliki pemikiran yang berbeda-beda, maka sangat wajar bila ada konflik yang timbul.

Memangnya, apa sih yang dimaksud dengan situasi konflik dan kesalahpahaman?

Segala hal yang mengecewakan seseorang, baik customer atau rekan kerja, bisa dianggap sebagai sebuah konflik atau kesalahpahaman. Perasaan kecewa ini terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari rasa kecewa ringan hingga kekecewaan besar yang menimbulkan amarah. Setiap konflik maupun kesalahpahaman yang terjadi harus segera ditangani secara objektif, hal ini berlaku kepada customer maupun rekan kerja.

Menyelesaikan konflik dan kesalahpahaman sesegera mungkin bertujuan untuk:

  • Menjaga agar situasi tidak semakin memanas
  • Mengklarifikasi persepsi-persepsi yang muncul akibat kesalahpahaman
  • Memperbaiki situasi semaksimal mungkin agar kembali normal dan kondusif.

Apa saja yang bisa memicu konflik dan kesalahpahaman?

Ada beberapa hal yang umum menjadi pemicu konflik dan kesalahpahaman. Sejumlah pemicu tersebut yaitu:

  • Komunikasi yang buruk
  • Tidak ada rasa toleransi
  • Sikap yang tidak sabaran
  • Menghakimi tanpa melihat seluruh sisi
  • Nilai, keyakinan, dan opini pribadi...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News