Pelatihan K3 Apa Saja yang Diperlukan oleh Supervisor di Perhotelan?

Pelatihan K3 Apa Saja yang Diperlukan oleh Supervisor di Perhotelan?

AJAR Hospitality

Pelatihan K3 Apa Saja yang Diperlukan oleh Supervisor di Perhotelan?

AJAR.id – Halo Ajarian! Pembahasan terdahulu mengenai pelatihan dan pembekalan materi keselamatan dan kesehatan kerja kepada lebih ditekankan dari apa yang dibutuhkan oleh karyawan. Namun demikian, pelatihan K3 apa sajakah yang diperlukan oleh seorang supervisor?

Secara garis besar, sebagai pihak yang bertugas memantau pekerjaan dan area kerja, seorang supervisor tentu harus memahami tugas dan tanggung jawabnya selaku petugas pelaksana keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di setiap area kerja.

Hal ini bukan berarti seorang petugas supervisor tersebut mengetahui penjabaran tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya terkait K3. Maka dari itu, seorang petugas supervisor membutuhkan pelatihan khusus untuk:

  1. Mengenali kemungkinan bahaya dan risiko di area kerja serta tata cara melaksanakan inspeksi keselamatan dan kesehatan kerja.
  2. Menilai dan menganalisa kemungkinan bahaya dan risiko yang dapat terjadi di satu area kerja sehingga hal-hal tersebut dapat dipahami baik secara substansial maupun kontekstual.
  3. Memilih dan mengaplikasikan tindakan pengendalian risiko yang relevan dengan kemungkinan risiko yang telah terdeteksi.
  4. Melakukan investigasi atas kasus-kasus keselamatan dan kesehatan kerja seperti kecelakaan dan situasi...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News