Mewujudkan Keselamatan Pekerja melalui Kontrol Administrasi dan Penggunaan Pakaian Keselamatan

Mewujudkan Keselamatan Pekerja melalui Kontrol Administrasi dan Penggunaan Pakaian Keselamatan

AJAR Hospitality

Mewujudkan Keselamatan Pekerja melalui Kontrol Administrasi dan Penggunaan Pakaian Keselamatan

AJAR.id – Hello Ajarian! Kita akan melanjutkan pembahasan mengenai pengendalian risiko pada tingkat ketiga yang berupa keselamatan pekerja dengan melakukan kontrol administrasi serta penggunaan alat dan pakaian keselamatan kerja.

Tingkat ketiga ini – yang lebih mengutamakan safe person atau keselamatan yang dihasilkan dari tindakan yang dilakukan oleh para pekerja – merupakan opsi selanjutnya bilamana tindakan safe place (yang meliputi tindakan eliminasi, substitusi, isolasi, dan pengendalian teknis) tidak dapat dilakukan.

Kontrol Administrasi

Yang dimaksud dengan kontrol administrasi adalah pelaksanaan kerja yang sesuai dengan standar keselamatan guna mengurangi risiko dan dampak terhadap para pekerja. Misalnya:

  1. Membatasi akses ke tempat-tempat tertentu.
  2. Melaksanakan tugas housekeeping dengan benar (dalam hal menjaga kebersihan dan kerapian), termasuk agenda pembersihan dan perawatan rutin.
  3. Mengubah prosedur pembelanjaan sehingga tidak terjadi penumpukan bahan makanan.
  4. Menyediakan troli untuk proses pengangkutan barang sehingga mengurangi risiko kerusakan barang atau cedera fisik pada saat pengangkutan.
  5. Menyediakan instruksi kerja yang memadai dan sesuai demi mengarahkan para pekerja untuk mewujudkan keselamatan kerja.
  6. Mengubah prosedur pelaksanaan...
Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News