Mengontrol Kebiasaan Pribadi di Tempat Kerja

Mengontrol Kebiasaan Pribadi di Tempat Kerja

AJAR Hospitality

Mengontrol Kebiasaan Pribadi di Tempat Kerja

 

AJAR.id – Hello Ajarian! Demi menjaga keamanan makanan, food handler juga harus mengontrol kebiasaan pribadi mereka di tempat kerja. Seorang food handler tidak diperbolehkan untuk bekerja jika kondisi kesehatan mereka bisa mengontaminasi makanan dan/atau peralatan makan, crockery, cutlery dan gelas.

Hal tersebut perlu dijaga karena akan menimbulkan risiko keracunan makanan. Selain itu, otoritas kesehatan juga akan datang untuk memeriksa food handler yang menjadi penyebabnya.

Lalu, apa saja kebiasaan pribadi yang sering kali tak disadari oleh food handler yang harus dikontrol ketika di tempat kerja?

1. Batuk dan bersin
Jangan batuk dan bersin di depan makanan secara langsung – jika Kamu tidak bisa menahan batuk dan bersin, sebaiknya lakukan prosedur berikut ini:

  • Tutupi batuk atau bersin dengan tangan. Setelah itu cuci tangan sampai bersih
  • Buang makanan yang sudah terkontaminasi
  • Sterilkan peralatan makan yang sudah terkontaminasi

2. Menggaruk
Sebagai food handler, Kamu harus membiasakan diri untuk tidak menggaruk tubuh. Misalnya, menggaruk bagian tubuh tertentu ketika gatal atau menggaruk kepala ketika berpikir, menggaruk luka, mengupil atau menyentuh mata, hidung, mulut...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News