Mengenal Promotion Mix dalam Kegiatan Penjualan Produk dan Service Hotel

Mengenal Promotion Mix dalam Kegiatan Penjualan Produk dan Service Hotel

AJAR Hospitality

Mengenal Promotion Mix dalam Kegiatan Penjualan Produk dan Service Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam kegiatan penjualan produk dan service hotel, perlu adanya promosi yang tepat kepada target pasar. Promosi merupakan upaya yang dilakukan oleh penjual untuk menjual produk secara efektif. Departemen yang bertugas melakukan penjualan di hotel adalah departemen sales and marketing.

Untuk melakukan kegiatan penjualan, departemen ini harus memilih media komunikasi dan memadukannya ke dalam program promosi yang efektif. Ada lebih dari satu alat yang digunakan untuk mempromosikan penjualan. Kombinasi alat-alat ini yang bertujuan untuk mempertahankan dan menciptakan penjualan, dikenal sebagai Promotion Mix.

Promotion mix disebut juga sebagai ‘Bauran Promosi’, yang didefinisikan sebagai cara hotel untuk memadukan upaya serta kegiatan periklanan, promosi penjualan, personal selling, publikasi dan public relation.

Seperti apa bauran promosi yang efektif itu? Bauran promosi bisa dikatakan efektif ketika:

  • Menggunakan teknik dan strategi yang diidentifikasi dari riset pasar, sehingga promosi bisa tepat sasaran.
  • Menggunakan kombinasi beberapa metode promosi dan periklanan.
  • Membidik para end-user customer – upaya promosi sebaiknya ditujukan langsung kepada orang-orang di luar hotel, seperti travel agent, tour operator, maskapai...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News