Mengenal Posisi Kerja sebagai Purchasing di Hotel

Mengenal Posisi Kerja sebagai Purchasing di Hotel

Editor Ajar

Mengenal Posisi Kerja sebagai Purchasing di Hotel

AJAR.id - Hello Ajarian! Purchasing adalah salah satu posisi kerja di departemen accounting yang berhubungan dengan pengadaan kebutuhan barang hotel.

Tahukah Kamu apa saja sih pekerjaan yang dilakukan oleh seorang Purchasing di hotel?

Pekerjaan seorang Purchasing itu ada dua, yakni pekerjaan di dalam ruangan dan di luar ruangan. Pembagian pekerjaan seorang Purchasing sebagai berikut:

Pekerjaan di dalam ruangan:

  1. Menerima purchase request (permintaan pembelian) dari departemen lain untuk barang-barang yang bersifat non rutin atau yang tidak tiap hari dibeli
  2. Menerima market list (permintaan pembelian) dari F&B department untuk pembelian barang-barang yang bersifat daily atau rutin seperti barang-barang groceries
  3. Membuat purchase order untuk purchase request dan market list sebagai dasar untuk melakukan pembelian ke supplier
  4. Melakukan order barang ke supplier sesuai dengan purchase order yang telah dibuat
  5. Mencari supplier dengan menggunakan internet
  6. Mempelajari proposal penawaran harga dari supplier.

Pekerjaan di luar ruangan:

  1. Melakukan pembelian secara cash atau tunai apabila barang tidak bisa dipenuhi oleh supplier
  2. Melakukan survei harga pasar secara monthly (bulanan) untuk mengetahui harga barang seperti harga sayuran dan harga daging
  3. Mencari supplier baru atau calon supplier
  4. Melakukan survei untuk memastikan kebenaran data identitas supplier (Apabila memungkinkan untuk dilakukan survei atau cek lokasi).

Volume pekerjaan seorang supplier tergantung dari banyaknya purchase request dan market listPurchase request dan market list dengan volume pembelian yang banyak biasanya terjadi apabila hotel digunakan untuk penyelenggaraan event seperti pesta pernikahan, pesta ulang tahun, dan rapat dengan jumlah peserta lebih dari 50 orang.

Di dalam melakukan pekerjaannya, staf Purchasing akan diberikan kendaraan operasional sendiri berupa mobil atau motor untuk membawa barang-barang hasil pembelian secara tunai tersebut.

Bisa dikatakan seorang Purchasing ini merupakan salah satu tombak bagi unit hotel, karena apabila seorang Purchasing gagal melakukan pembelian dapat mempengaruhi aktivitas operasional unit hotel. Contohnya: apabila Purchasing gagal mendapatkan iga sapi sesuai request dari kitchen, maka restaurant pun tidak bisa menjual menu sop iga sapi kepada tamu hotel atau istilah lainnya menu sold out.

Posisi kerja sebagai seorang Purchasing ini tidak bisa dianggap enteng. Jadi, hormati dan hargai temanmu yang berprofesi sebagai seorang Purchasing, karena berkat kinerjanya lah aliran distribusi pengadaan barang hotel menjadi lancar sehingga aktivitas operasional unit hotel pun berjalan lancar.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Related Article

AJAR in The News