Mengenal Posisi Kerja General Cashier di Hotel

Mengenal Posisi Kerja General Cashier di Hotel

Editor Ajar

Mengenal Posisi Kerja General Cashier di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! General Cashier adalah seorang staf dari departemen accounting yang bertugas untuk mengelola kas kecil dan kas brankas unit hotel tersebut. Biasanya kas kecil dari unit hotel memiliki jumlah maksimum sekitar 10 juta rupiah.

Lalu apa saja pekerjaan seorang General Cashier tersebut?

Pekerjaan yang dilakukan oleh General Cashier adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pembayaran untuk transaksi pembelian secara tunai
  2. Melakukan pembayaran atau pelunasan hutang ke supplier
  3. Melakukan pembayaran untuk biaya utilitas hotel seperti listrik, PDAM, telepon, jaringan internet, dan biaya pembuangan limbah hotel
  4. Bersama dengan Accounting Manager melakukan pembayaran atau transfer gaji karyawan
  5. Membuat pencatatan kas keluar
  6. Menerima reimburse atau uang penggantian
  7. Melakukan stok kas secara weekly dan monthly
  8. Menerima uang dari transaksi yang terjadi di restaurant dan di counter receptionis (mencatat pendapatan hotel)
  9. Melakukan closing bulanan General Cashier
  10. Berkoordinasi dengan staf Account Payable dan Cost Control untuk penjadwalan pembayaran ke supplier.

Mengingat risiko pekerjaan seorang General Cashier ini berhubungan dengan uang milik hotel, maka seorang General Cashier haruslah orang yang teliti di dalam melakukan penghitungan dan pencatatan agar tidak terjadi selisih kas yang dapat merugikan keuangan hotel. Selain itu, di dalam melakukan pekerjaannya seorang General Cashier ini diberikan alat penghitung uang (mesin money counter) untuk memudahkan penghitungan jumlah lembar uang.

Itulah beberapa paparan mengenai posisi kerja sebagai seorang General Cashier. Jadi, seorang General Cashier ini haruslah teliti dan cermat di dalam mengelola kas milik hotel agar tidak terjadi selisih yang dapat menyebabkan kerugian keuangan.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Related Article

AJAR in The News