Mengenal Pelayanan End-of-Service di Restoran

Mengenal Pelayanan End-of-Service di Restoran

AJAR Hospitality

Mengenal Pelayanan End-of-Service di Restoran

AJAR.id – Hello Ajarian! Setelah pelanggan membayar pesanannya, biasanya restoran atau hotel juga menyediakan pelayanan ­end-of-service. Setelah memberikan pelayanan end-of-service, langkah selanjutnya adalah memberikan salam perpisahan.

Jenis pelayanan end-of-service

Berikut ini adalah macam-macam pelayanan end-of-service yang bisa Kamu berikan pada pelanggan ketika meninggalkan restoran:

  • Memesankan taksi atau moda transportasi lainnya untuk pelanggan.
  • Mengambilkan barang milik pelanggan jika ada tempat penitipan.
  • Menawarkan payung jika sedang hujan.
  • Menemani pelanggan menuju kendaraan yang ditumpanginya, misalnya mobil.
  • Membuatkan reservasi atas nama pelanggan.
  • Memberikan panduan pada pelanggan tentang tempat yang bisa dikunjungi selanjutnya. Misalnya toko oleh-oleh, pusat budaya atau tempat wisata.
  • Menawarkan tempat duduk atau kopi gratis.

Perlu diingat bahwa setiap restoran atau hotel memiliki beragam pelayanan end-of-service yang berbeda-beda. Pastikan untuk memahaminya terlebih dahulu sebelum menerapkannya.

Memberikan salam perpisahan dengan sopan

Memberikan salam perpisahan pada pelanggan yang telah berkunjung merupakan salah satu prosedur yang sangat penting. Pasalnya, salam perpisahan bisa jadi hal terakhir yang akan memberikan kesan bagi pelanggan saat mengunjungi restoran atau hotel tempatmu bekerja.

Perlu diingat bahwa pelanggan sudah membayar untuk hal itu. Jadi, keramahan adalah hal utama yang harus ditunjukkan pada pelanggan ketika berkunjung ke restoran atau hotel.

Restoran atau hotel tentu berbeda dengan toko retail. Pelanggan yang berkunjung di restoran atau hotel akan membayar untuk menikmati makanan, minuman serta beristirahat. Sedangkan ketika berbelanja di toko, pelanggan akan membawa pulang satu atau dua item yang sudah mereka beli.

Prosedur untuk memberikan salam perpisahan pada pelanggan di setiap restoran atau hotel pun berbeda-beda. Beberapa restoran mengharuskan stafnya untuk membukakan pintu bagi pelanggan yang akan meninggalkan restoran sembari memberikan salam perpisahan. Sedangkan di restoran lain lebih menekankan pendekatan kasual seperti memberikan senyuman, melambaikan tangan sembari mengucapkan “terima kasih” pada pelanggan yang meninggalkan restoran.

Selain mengucapkan “terima kasih”, Kamu juga bisa memberikan salam sesuai dengan waktu seperti “Selamat Pagi/Siang/Malam”, atau “semoga hari anda menyenangkan”.

Bagaimana pun standar yang berlaku di restoran atau hotel tempatmu bekerja, jangan lupa untuk memberikan salam perpisahan pada pelanggan karena hal tersebut akan memberikan kesan positif bagi mereka.

Recommended Posts

AJAR in The News