Mengenal Fasilitas Lost and Found di Hotel

Mengenal Fasilitas Lost and Found di Hotel

Editor Ajar

Mengenal Fasilitas Lost and Found di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Pernahkah Kamu mengetahui keberadaan fasilitas lost and found saat berada dalam sebuah venue, misalnya di hotel, vila, restoran, resort, atau tempat wisata? Sesuai namanya, fasilitas ini adalah layanan yang disediakan untuk mencatat dan menyimpan barang hilang dan yang ditemukan, serta memfasilitasi pengembalian barang tersebut kepada pemilik aslinya.

Apa bedanya barang lost dan barang found?

Lost item adalah barang-barang yang dilaporkan tamu sebagai benda hilang, bisa karena tertinggal di kamar, tamu lupa meletakkannya, atau dicuri. Sementara found item merupakan barang-barang yang ditemukan oleh staf/tamu dan diserahkan ke pihak pengelola venue tersebut.

Sebuah barang juga bisa menjadi lost item sekaligus found item, yaitu ketika situasinya tamu sedang melaporkan adanya kehilangan sementara di waktu bersamaan staf telah menemukan barang tersebut.

Ada tiga kategori barang lost and found: barang berharga (valuable items), tidak berharga (non-valuable items), dan mudah rusak (perishable)

  1. Valuable items – yaitu barang berharga karena bernilai tinggi atau mahal harganya, seperti handphone, uang tunai, laptop, kamera, perhiasan, dompet, paspor, visa, dll.
  2. Non-valuable items – kategori barang yang tidak berharga seperti majalah, pakaian, kosmetik, alat tulis.
  3. Perishable items – adalah benda yang sifatnya mudah rusak contohnya makanan dan minuman.

Di hotel, umumnya fasilitas lost and found terletak dalam departemen housekeeping. Ruang penyimpanan barang-barang lost and found biasanya berada di kantor Executive Housekeeper. Ruangan ini menjadi restricted area di mana tidak sembarangan orang diperbolehkan masuk. Sistem keamanan pun ditingkatkan dalam menjaga ruang lost and found untuk melindungi benda-benda berharga di dalamnya.

Jika sebuah venue tidak memiliki ruang lost and found khusus, maka akan digabungkan dengan ruang Manager, area front office, atau di loket penjualan tiket (bila venue bukan jenis akomodasi).

Keberadaan fasilitas lost and found tentu mempermudah para tamu yang kehilangan barang mereka. Dalam penanganannya, tiap hotel memiliki prosedur dan kebijakan yang berbeda-beda. Pastikan Kamu mengikuti tata cara yang benar untuk menangani lost and found ya Ajarian!

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News