Mau Membersihkan Kaca di Public Area Hotel, Ikuti Cara-Cara Ini Ya!

Mau Membersihkan Kaca di Public Area Hotel, Ikuti Cara-Cara Ini Ya!

Editor Ajar

Mau Membersihkan Kaca di Public Area Hotel, Ikuti Cara-Cara Ini Ya!

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Tahukah Kamu, material kaca banyak digunakan pada jendela, meja juga cermin karena dapat memberikan kesan elegan dan minimalis sebuah bangunan. Namun kaca pun mudah sekali terlihat kotor karena permukaannya yang bening. Oleh karena itu, kaca harus senantiasa dibersihkan agar penampilannya tetap bersih dan kinclong nih, Ajarian.

Dalam proses pembersihkan kaca, Kamu tidak bisa hanya menggunakan satu teknik saja, karena bentuk kaca yang berbeda memerlukan penanganan yang berbeda. Oleh karena itu, pada artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan cara-cara membersihkan kaca secara rinci.

Gimana sih caranya membersihkan kaca yang benar?

Pembersihan kaca ini dikelompokkan menjadi 3, pembersihan jendela, pembersihan cermin, dan pembersihan meja kaca. Berikut ini ulasan lengkapnya:

Membersihkan Jendela

Menggosok kaca

  1. Perhatikan dengan seksama permukaan kaca sebelum kamu mulai membersihkannya. Cek apakah ada retak, goresan, noda bekas air, cat atau semen. Dengan begitu, kamu jadi mengetahui seberapa keras kamu perlu menggosoknya atau seberapa dibutuhkannya alat pengikis untuk menghilangkan noda tersebut.
  2. Bila kondisi kaca sangat kotor, disarankan untuk membersihkannya dua kali, yang pertama adalah dengan mencuci seluruh kaca menggunakan spons atau sikat kemudian sisa air dibersihkan dengan alat pengerik.
  3. Setelah sebagian besar debu kotoran sudah hilang, kamu perlu memeriksanya lagi. Basahi kembali permukaan kaca dan mulailah menggosoknya dengan sikat. Saat menggunakan sikat, mulailah dari bagian pinggir terlebih dahulu. Sikat berulang kali pada seluruh sisi pinggir kaca. Kemudian, mulailah menggosok dari bagian atas hingga bawah dengan gerakan memutar. Hati-hati jangan sampai menekan kaca terlalu keras agar tidak retak atau bahkan pecah. Untuk permukaan kaca yang lebih luas, gunakan window washer ya Ajarian, karena akan lebih efektif.
  4. Bila kamu menemukan kotoran yang sulit dihilangkan walau sudah disikat, mungkin kamu membutuhkan bantuan cairan kimia pembersih atau alat scraper. Bila kamu membersihkan kaca non-tempered, alat scraper sangat aman digunakan dan akan menghilangkan 98% kotoran membandel. Sementara untuk jenis tempered glass, Ajarian bisa gunakan mesin hand polisher yang akan bekerja maksimal membersihkan kotoran di kaca tersebut.

Mengerik kaca

  1. Basahi permukaan jendela
  2. Temukan bagian ujung untuk mengecek ketajaman alat pengerik
  3. Mulailah mengerik kotoran dengan gerakan maju mundur tiga sampai empat kali di titik yang sama.
  4. Coba tes dahulu di satu titik, bila alat pengerik berfungsi baik tanpa menyebabkan gores atau lecet, barulah lanjutkan ke seluruh area.
  5. Bila saat sedang kamu kerik terdengar bunyi berderit seperti bunyi pasir yang bergesekan dengan kaca, segera hentikan dulu pengerjaannya karena bunyi tersebut mengindikasikan adanya kerusakan pada kaca. Karena jika tetap kamu bersihkan, nanti justru akan merusak permukaan kaca itu sendiri.
  6. Jika suara berderit tidak ditemukan, Kamu dapat melanjutkan proses mengerik yang sesuai, mulai dari bagian ujung
  7. Kemudian, kerik dengan gerakan zig-zag dari atas jendela hingga ke bawah tanpa terputus
  8. Lanjutkan ke seluruh area jendela
  9. Berikutnya, kerik dengan pola garis lurus. Mulailah dari bagian atas dengan posisi squeegee agak miring ke arah dalam. Tahap ini berfungsi untuk membersihkan bagian yang terlewat dari proses pengerikan yang pertama
  10. Bila jendela sudah terlanjur kering sebelum kamu menyelesaikan pekerjaan, basuh kembali dengan air di bagian yang belum dibersihkan.

Menggunakan squeegee

Disarankan bagi kamu untuk menggunakan squeegee dari sisi samping ke sisi lainnya karena akan lebih mudah daripada bila kamu memulai dari atas ke bawah. Kebanyakan jendela yang normalnya dibersihkan setiap hari baiknya dibersihkan dengan cara seperti ini.

Seluruh permukaan jendela harus dibasahkan dengan air sabun. Tentukan dulu kamu akan memulai dari sisi sebelah mana. Gunakan window washer/scrubber untuk meratakan air sabunnya.

Kemudian, siapkan lap pembersih di genggamanmu untuk mengeringkan karet squeegee.

Bila bagian sisi samping dan ujung atas telah kering, kini genggamlah squeegee dan posisikan pada area pojok kanan atas yang telah kering. Kemudian mulailah menarik squeegee ke seluruh permukaan dengan gerakan zig-zag.

Lap bagian kepala squeegee untuk mengeringkannya dengan lap yang kamu sudah siapkan. Ulangi tahapan sebelumnya hingga tidak ada lagi air yang bersisa.

Setelah jendela sudah selesai dibersihkan dengan squeegee, kamu harus mengelap seluruh bagian pinggir agar memastikan tidak ada lagi air yang masih tersisa sehingga hasil akhir yang didapatkan bisa sempurna.

Membersihkan Cermin

Rampung membersihkan jendela, sekarang saatnya Kamu membersihkan cermin! Cermin dapat menjadi sulit untuk dibersihkan ketika posisinya sulit dijangkau atau memiliki bingkai yang rumit dan besar. Namun jangan khawatir, tentunya Kamu bisa membersihkan cermin dengan mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Gunakan glass cleaner/multi-purpose cleaner (MPC)
  2. Siapkan lap pembersih khusus cermin (cleaning cloth)
  3. Bersihkan dulu cermin untuk menghilangkan noda membandel
  4. Selanjutnya, semprotkan glass cleaner secara merata ke seluruh permukaan cermin
  5. Lap permukaan cermin dengan gerakan memutar hingga kinclong
  6. Bila masih ada area yang basah, keringkan dengan window squeegee

Membersihkan Meja Kaca

Benda lainnya yang perlu dibersihkan adalah meja kaca atau coffee table yang terbuat dari kaca. Coffee table bermaterial kaca banyak ditemukan di hotel. Penggunaannya yang terus menerus membuat debu, kotoran, bekas jejak tangan atau noda lain mudah menempel di coffee table. Biasanya gelas-gelas minuman jus atau cangkir kopi lah yang meninggalkan bekas pada meja kaca. Adapun langkah-langkah untuk membersihkannya antara lain:

  1. Pindahkan benda-benda dari atas coffee table seperti vas bunga, asbak, majalah dan koran
  2. Lap meja dengan kain kering yang bersih untuk membersihkan dari partikel-partikel kotoran yang kasar
  3. Semprotkan pembersih kaca di permukaan meja secara merata
  4. Gosok meja untuk menghilangkan noda-noda membandel tanpa menekannya terlalu keras
  5. Lalu keringkan meja dengan lap kering khusus kaca

Cara-cara di atas bisa kamu gunakan pada seluruh bagian bangunan yang terbuat dari kaca. Tetapi hati-hati untuk tidak menekan kaca terlalu keras Ajarian, alih-alih membersihkan nanti justru membuat tergores, retak atau bahkan pecah. Lakukan pekerjaanmu dengan cermat, ya!

Salam Jempol!

By Inas Nadiyah

Related Article

AJAR in The News