Mau Berkarier di Front Office Department? Yuk Ketahui 7 Posisi Kerja FO di Hotel

Mau Berkarier di Front Office Department? Yuk Ketahui 7 Posisi Kerja FO di Hotel

Editor Ajar

Mau Berkarier di Front Office Department? Yuk Ketahui 7 Posisi Kerja FO di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Pastinya di antara kita pernah melihat lowongan kerja di hotel yang menawarkan berbagai macam posisi baik itu sebagai staf maupun sebagai supervisor dan manajer. Sebelum Kamu apply di departemen front office (FO), sebaiknya Kamu pelajari dulu posisi dan pekerjaannya, baru kemudian melamar. Sehingga Kamu dapat mengetahui gambaran pekerjaan pada posisi yang akan Kamu lamar.

Lalu apa saja kah posisi-posisi kerja di departemen front office?

Berikut ini 7macam posisi di divisi atau departemen front office di hotel beserta jobdesk singkatnya:

Greeter dan Bell Boy/Concierge

Seorang Greeter bertugas sebagai penyambut tamu ketika tamu tersebut masuk ke lobi hotel. Kemudian, Greeter ini mengarahkan tamu ke Reception untuk melakukan check inprocess. Melihat pekerjaan tersebut, posisi lowongan seorang Greeter ini membutuhkan calon pencari kerja yang memiliki kemampuan berbahasa asing secara aktif. Biasanya, tugas seorang Greeter ini merangkap sebagai Bell Boy/Concierge untuk mengantarkan barang-barang yang dibawa oleh tamu dengan menggunakan trolley. Nah, di sinilah terjadi percakapan dengan para tamu.

Front Desk Attendant/Reception

Tugas seorang Front Desk Attendant (FDA) atau Reception adalah melayani transaksi check in dan check out tamu hotel dan menerima pembayaran dari tamu. Selain itu, FDA juga sebagai pusat informasi hotel. Seorang FDA akan selalu berkoordinasi dengan staf Housekeeping di dalam mengelola room. Seorang FDA juga harus memiliki kemampuan berbahasa asing secara aktif, memiliki kepribadian yang ramah, suka membantu orang lain dan memiliki keterampilan komputer yang baik.

Bell Driver

Tugas seorang Bell Driver ini adalah mengantar dan menjemput tamu hotel ke tempat tujuan dan menjemput tamu dari bandara atau stasiun sesuai dengan reservasi yang dilakukannya. Seorang Bell Driver juga harus memiliki kepribadian yang ramah, gemar membantu orang lain, dan aktif dalam berkomunikasi. Selain itu, Ia juga harus mengetahui tempat-tempat wisata beserta rute di kota hotelnya berada.

Guest Relation Officer (GRO)

Tugas seorang GRO ini adalah melayani tamu VIP (Very Important Person) dan tamu VVIP hotel mulai dari check in hingga tamu VIP tersebut masuk ke dalam kamarnya serta memenuhi kebutuhan tamu VIP tersebut selama berada di hotel. Biasanya, posisi GRO ini untuk wanita, tetapi ada juga di beberapa hotel yang mempunyai staf GRO laki-laki. Keahlian dalam berkomunikasi aktif, hubungan interpersonal yang baik, dan menguasai beragam bahasa menjadi kunci sukses untukmu menempati posisi ini.

Telephone Operator (Call Center)

Tugas seorang Call Center adalah menerima dan menjawab telepon hotel yang berasal dari tamu yang ingin melakukan reservasi lewat telepon. Tidak hanya telepon dari tamu saja, melainkan dari semua telepon masuk, kemudian seorang Call Center akan menghubungkan telepon masuk tersebut ke departemen yang akan dituju. Setiap malam, tugas Call Center ini adalah merangkum semua aktivitas dan biaya telepon yang masuk dan keluar serta melakukan wake up call kepada tamu-tamu yang telah memesan.

Front Office Admin

Tugas seorang Admin di FO departement mencakup kegiatan pengadministrasian dokumen dan permintaan barang ke gudang. Seorang Admin di FO biasanya merangkap menjadi FDA sesuai kebutuhan dan wewenang dari FO Manager.

Night Audit

Posisi Night Audit sebenarnya masih menjadi perdebatan, karena posisi ini bisa menjadi bagian dari accounting department ataupun di front office department. Tugas seorang Nigh Audit adalah memeriksa dan memverifikasi kesesuaian data yang bersumber dari sistem komputer Front Desk Agent dengan transaksi keuangan. Selain itu, Night Audit juga menghitung occupancy bulanan hotel sehingga bisa untuk dijadikan sebagai sumber data bagi General Manager untuk membuat keputusan. Seorang Night Audit ini bertugas di malam hari setelah Reception melakukan closing.

Sahabat Ajarian, kesimpulan yang dapat diambil dari artikel ini adalah:

  • Pelajari posisi yang akan Kamu lamar, sesuaikan juga jenis pekerjaan dengan karakter pribadimu
  • Kemudian tentukan karier pilihanmu, intinya Kamu harus cari tahu lebih dalam mengenai posisi tersebut agar HRD juga dapat mendapatkan pelamar yang sesuai dengan yang dilamar.

Demikian tujuh posisi yang ada di divisi front office, semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat bagimu.

Salam Jempol!

Related Article

AJAR in The News