Manfaat-Manfaat Stock Opname Barang Hotel

Manfaat-Manfaat Stock Opname Barang Hotel

Editor Ajar

Manfaat-Manfaat Stock Opname Barang Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Akhir bulan merupakan pekerjaan yang melelahkan, karena pada akhir bulan tersebut staf accounting akan menutup transaksi atau istilah lainnya tutup buku. Oleh sebab itu, salah satu pekerjaan yang harus dilakukan pada akhir bulan adalah stock opname.

Di artikel cara melakukan stock opname telah dibahas bagaimana caranya mengerjakan stock opname barang hotel terutama untuk barang groceries dan barang guest supplies.

Walaupun pekerjaan stok opname sangat melelahkan, pekerjaan stock opname dapat memberikan manfaat bagi aktivitas operasional hotel.

Apa saja sih manfaat dari stock opname barang hotel di akhir bulan?

Manfaat stock opname barang hotel:

  • Dapat mengetahui barang-barang yang rusak atau kedaluwarsa
    Dengan melakukan stock opname di gudang, kita sebagai staf accounting dapat mengetahui barang yang sudah kadaluwarsa dan akan memasuki masa kadaluwarsa sehingga barang tersebut bisa dimusnahkan. Tujuan dari pemusnahan barang yang telah kadaluwarsa adalah untuk menjaga kesehatan dan keselamatan baik bagi karyawan maupun bagi tamu. Ilustrasinya seperti ini, apa iya kita sebagai staf hotel yang jempolan membuat hidangan untuk tamu dengan bahan yang sudah tidak fresh atau kadaluwarsa?
  • Dapat mengetahui barang mana saja yang merupakan fast moving stock dan slow moving stock
    Dengan melakukan stock opname, kita menjadi lebih tahu mana barang hotel yang cepat habis (fast moving stock) dan mana yang lambat habis (slow moving stock). Tujuannya agar kita bisa lebih cermat untuk melakukan pengadaan barang gudang sehingga tidak terjadi over stock (kelebihan persediaan di gudang) ataupun terlambat untuk order ke supplier.
  • Dapat melakukan analisa batas minimal kuantitas barang yang harus tersedia
    Sama seperti nomor 3, dengan adanya stock opname, staf accounting dapat menganalisa jumlah barang minimal yang harus tersedia di gudang sehingga tidak terjadi empty stock atau barang persediaan habis. Apabila terjadi kekosongan barang persediaan maka akan mempengaruhi aktivitas operasional hotel. Contohnya apabila di gudang kehabisan stok guest supplies maka akan ada beberapa kamar/room yang tidak tersedia guest supplies. Padahal guest supplies adalah salah satu fasilitas kamar yang disediakan gratis oleh pihak hotel untuk tamu sebagai salah satu bentuk pelayanan.
  • Dapat mengetahui berapa nilai nominal barang yang telah dipakai (consumption)
    Dengan melakukan stock opname, staf accounting dapat mengetahui berapa nilai nominal barang yang telah dipakai (dikonsumsi). Caranya adalah dengan mengurangi jumlah pembelian dengan stok akhir setelah melakukan stock opname dengan menghitung secara fisik barang yang tersedia di gudang. Karena nilai nominal barang yang telah dipakai/dikonsumsi. Sebagai dasar, hitung cost of food dan cost of beverage untuk barang groceries, dan cost of departemental untuk barang lainnya.
  • Merapikan kembali tatanan barang
    Fungsi yang terakhir adalah dengan melakukan stock opname kita dapat mengatur kembali tatanan barang sehingga gudang menjadi rapi dan bersih. Kebiasaan yang kurang bagus (tidak perlu dicontoh) dari seorang Store Keeper adalah malas untuk merapikan kembali tatanan barang ketika selesai mengeluarkan atau memasukkan barang persediaan sehingga gudang pun menjadi kumuh dan berantakan. Jadi, saat melakukan stock opname adalah kesempatan bagi seorang Store Keeper untuk merapikan kembali tatanan barang yang berantakan.

Sahabat Ajarian, itulah beberapa manfaat stock opname yang dilakukan setiap akhir bulan menjelang closing transaksi. Dengan melakukan stock opname secara rutin dan berkala diharapkan manajemen persediaan menjadi lebih teratur dan lebih tertib sehingga tidak terjadi over stock maupun empty stock yang dapat mengganggu kegiatan operasional sebuah hotel.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Related Article

AJAR in The News