Macam-Macam Banquet Event di hotel

Macam-Macam Banquet Event di hotel

Editor Ajar

Macam-Macam Banquet Event di hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Selain penjualan kamar, seorang staf sales and marketing bisa menjual paket pemakaian meeting room atau ballroom yang dimiliki oleh sebuah unit hotel. Secara sederhana pejualan paket ini disebut dengan banquet event, yakni pemakaian meeting room atau ballroom milik hotel untuk event atau acara yang bersifat formal maupun non formal.

Seorang staf sales and marketing biasanya menjual banquet event kepada pihak luar seperti instansi pemerintahan maupun perusahaan, karena unit hotel adalah tempat alternatif utama untuk penyelenggaraan acara apabila di instansi pemerintah maupun perusahaan tersebut tidak memiliki tempat atau gedung yang mampu menampung orang dalam jumlah yang cukup banyak. Namun, sebelum itu, seorang staf sales and marketing harus mengetahui terlebih dahulu macam-macam banquet event di hotel.

Apa saja macam-macam banquet event yang bisa dijual oleh staf sales and marketing hotel?

Berikut ini macam-macam banquet event yang bisa dijual oleh staf sales and marketing hotel kepada pihak luar:

  1. Wedding Party
    Wedding party atau pesta pernikahan adalah salah satu banquet event yang bisa dijual oleh seorang staf sales and marketing. Biasanya, departemen sales and marketing akan membuat harga promo untuk penyelenggaraan pesta pernikahan di hotel dan memberikan sebuah complimentary berupa menginap satu malam bagi pasangan yang menikah untuk menikmati honeymoon di hotel.
  2. Meeting atau Rapat
    Meeting atau rapat adalah banquet event yang paling laris di-order oleh instansi pemerintah maupun perusahaan. Meeting atau rapat ini dibagi menjadi 2 yakni half day meeting dan full day meeting.
    Half day meeting adalah pemakaian meeting room untuk rapat selama setengah hari. Biasanya dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 12.00. Fasilitas half day meeting ini terdiri dari 1x coffe break dan 1x lunch (makan siang).
    Sedangkan full day meeting adalah pemakaian meeting room untuk rapat selama sehari penuh. Fasilitas yang diberikan pun berbeda dari half day meeting, yakni 2-3x coffe break, 1x lunch, dan 1x dinner (setiap hotel memiliki kebijakan tersendiri mengenai fasilitas yang ditawarkan untuk full day meeting).
  3. Seminar
    Pemakaian meeting room atau ballroom untuk seminar hampir sama dengan paket meeting, ada half day seminar dan full day seminar. Untuk penyelenggaraan seminar di hotel, biasanya divisi sales and marketing hotel akan melakukan kerja sama dengan pihak event organizer (EO) yang meng-handle acara seminar.
  4. Event Music Indoor
    Meeting room atau ballroom hotel bisa disulap menjadi venue untuk penyelenggaraan konser musik maupun hiburan lainnya secara indoor (terutama untuk unit hotel yang memiliki ball room dengan kapasitas lebih dari 1000 orang). Ballroom hotel bisa menjadi salah satu tempat alternatif penyelenggaraan konser musik apabila di kota tersebut tidak ada hall ataupun gedung yang bisa dipakai sebagai venue acara musik.
  5. Pelatihan Table Manner
    Seorang sales and marketing bisa juga menjual banquet event ke sekolah maupun kampus-kampus yang memiliki jurusan pariwisata dan perhotelan untuk pelatihan table manner bagi siswa-siswanya. Jadi, siswa-siswa dari sekolah maupun kampus tersebut bisa secara real (praktek langsung) table manner di hotel.

Itulah beberapa contoh macam-macam banquet event yang umumnya dijual oleh departemen sales and marketing hotel.

Di dalam menjual maupun menerima order banquet event, Departemen sales and marketing harus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan departemen lainnya seperti departemen F&B baik itu kitchen maupun service, departemen accounting untuk pengadaan bahan masakan, departemen housekeeping untuk pengawasan kebersihan di sekitar meeting room, dan departemen engineering untuk set up alat-alat yang ada di dalam meeting room (sound system, mic, proyektor, LCD) sehingga acara tersebut bisa berjalan dengan baik. Apabila acara berjalan dengan baik, maka tamu akan puas terhadap pelayanan banquet yang diberikan oleh karyawan hotel.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Related Article

AJAR in The News