Macam-macam Bahan Baku Makanan dalam Restoran di Hotel

Macam-macam Bahan Baku Makanan dalam Restoran di Hotel

Editor Ajar

Macam-macam Bahan Baku Makanan dalam Restoran di Hotel

AJAR.id - Hello Ajarian! Sebagai staf kitchen, penting bagi Kamu untuk memahami jenis-jenis bahan baku untuk memasak meskipun tamu baik di restoran ataupun hotel. Ada beberapa kelompok bahan baku yang bisa diolah menjadi hidangan di hotel, nah dalam artikel ini AJAR.id akan membahas apa sajakah bahan baku yang dimaksud. Langsung simak aja yuk!

1. Vegetables and fruits
Ragam jenis sayur dan buah ada banyak sekali, baik yang lokal maupun yang diimpor dari luar negeri. Sayur dan buah merupakan bahan baku yang bersifat musiman, meskipun ada juga yang selalu tersedia sepanjang tahun. Ketahui musim-musim panen buah dan sayur di daerahmu.

2. Meat
Daging yang masuk kategori ini adalah daging sapi, kambing, domba, unta, dan pork. Di negara atau daerah lain, mungkin saja ada jenis daging lain yang umum digunakan sebagai bahan dasar makanan.

3. Poultry
Poultry merupakan daging unggas seperti daging ayam, bebek, burung puyuh, serta jenis unggas lain yang tersedia di pasaran. Kebutuhan atas daging unggas lainnya bisa disediakan sesuai permintaan konsumen.

4. Seafood
Kelompok makanan seafood adalah segala yang berasal dari laut, hewan yang ditangkap dari danau dan sungai tidak termasuk. Contoh seafood yakni ikan laut, kerang (crustacean), moluska, cumi-cumi, gurita. Bahan baku seafood yang digunakan restoran bisa dalam bentuk tangkapan segar, yang masih hidup, dikeringkan, atau dalam bentuk kalengan.

5. Nuts, grains and seeds
Kacang-kacangan menjadi bahan makanan untuk berbagai resep masakan. Contohnya kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, almond, walnut, pistachio, cashews, dll.

6. Eggs
Jenis telur yang umum digunakan sebagai bahan dasar masakan adalah telur ayam, karena mudah untuk ditemukan atau diternak dalam jumlah besar. Pilihan lainnya adalah telur bebek yang memberi rasa lebih gurih dalam masakan.

7. Dairy
Dairy products merupakan sebutan bagi bahan baku susu dan olahannya. Produk olahan susu yaitu seperti butter, keju, dan krim.

8. Dry goods
Dry goods adalah sebutan bagi bahan baku kering yang bisa disimpan dalam suhu ruang, tanpa perlu ditaruh dalam kulkas atau freezer. Contoh dry goods adalah beras, pasta kering, tepung-tepungan, gula, dan makanan kaleng. Bahan makanan ini tetap harus disimpan dalam wadah rapat yang kedap udara agar kualitasnya terjaga.

Setelah bahan baku sudah Kamu siapkan, kini saatnya menghitung takaran yang benar sebelum mulai memasak,ya Ajarian!

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Related Article

AJAR in The News