Leadership Ala Cowboy

Leadership Ala Cowboy

AJAR Hospitality

Leadership Ala Cowboy

AJAR.id – Hello Ajarian! Bila membaca judulnya maka sudah jelas bahwa tulisan ini akan mengacu kepada gaya kepemimpinan yang apa adanya dan ceplas-ceplos atau suatu gaya yang tidak mengindahkan situasi yang sedang dihadapi.

Bila kita flash back dan melihat gaya kepemimpinan, sebetulnya banyak model yang bisa kita terapkan dan tergantung situasi yang dihadapi di hotel. Nah, dalam artikel ini kita akan kupas gaya kepemimpinan sesuai dengan situasi yang dihadapi oleh sang pemimpin itu sendiri.

Sebut saja ada tiga model kepemimpinan, yaitu:

Pertama Gaya Autocratic 

Autocratic berasal dari bahasa Yunani yang dapat diterjemahkan sebagai “one who rules by himself” (Wikipedia, 2009). Autocratic leadership adalah style kepemimpinan yang menuntut adanya kepatuhan penuh dari bawahannya tanpa meminta adanya pembangkangan atau keraguan.

Style kepemimpinan seperti ini senangnya membuat keputusan berdasarkan pemikirannya sendiri dan jarang sekali mau menerima masukan orang lain. Autocratic leadership bersifat absolute dan mengontrol total bawahannya (Lewin, 1939). Dalam gaya ini, inovasi di hotel tidak berjalan dengan baik, namun peran kontrol pemimpin sangat kental...

Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News