Langkah-Langkah Re-Make Bed di Perhotelan

Langkah-Langkah Re-Make Bed di Perhotelan

AJAR Hospitality

Langkah-Langkah Re-Make Bed di Perhotelan

AJAR.id – Hello Ajarian! Re-make bed adalah proses merapikan bed pada occupied room. Re-make bed juga mencakup penggantian bedding (linen, pillowcase, duvet). Namun pada umumnya, bedding tidak diganti setiap hari namun per tiga hari atau ketika bedding kotor. Tidak mengganti bedding setiap hari merupakan upaya untuk menjaga lingkungan, karena berarti mengurangi beban laundry dan pengeluaran hotel.

Hotel biasanya menyediakan ‘Request Card’ di kamar untuk digunakan tamu bila mereka ingin linen diganti. Tamu cukup meletakkan Request Card di atas bed sebagai tanda untuk room attendant agar mengganti linen tersebut. Cara ini lebih efektif dan memudahkan pekerjaan room attendant.

Nah, apa sih beda making bed pada check-out room dengan occupied room? Simak langkah-langkah berikut ini yuk!

  1. Pertama-tama, angkat pillow dan letakkan di permukaan yang bersih seperti bedside table lalu periksa apakah ada noda sehingga pillow harus diganti.
  2. Tarik duvet dan selimut lalu cek apakah kotor atau terdapat noda.
  3. Luruskan bedsheet sambil mengecek jika ada noda. Bila bedsheet perlu diganti, maka lakukan sesuai prosedur making bed.
  4. Rapikan tiap ujung bedsheet dan masukkan ke bagian bawah matras.
  5. Rapikan permukaan bedsheet hingga tidak ada bagian yang melekuk atau terlipat.
  6. Bentangkan duvet, luruskan lalu masukkan tiap ujung dan sisinya ke bagian bawah matras. Jangan sampai posisi duvet terbalik ya!
  7. Lipatlah duvet bagian atas di dekat area head bed sekitar 30 sampai 40 cm atau kurang lebih satu setengah jengkal tanganmu, tujuannya untuk memberikan jarak kepada bagian kepala tamu ketika sedang tidur.
  8. Rapikan permukaan duvet hingga kencang agar tidak ada yang melekuk.
  9. Terakhir, letakkan dan susun bantal-bantal pada posisi yang benar di atas bed.

Sahabat Ajarian, itulah tahapan re-make bed di hotel yang perlu Kamu ketahui. Saat merapikan bed, barang milik tamu kerap berserakan di atasnya. Barang pribadi tamu seperti buku, kacamata, atau baju, perlu Kamu pindahkan ke meja dan susun dengan rapi. Setelah itu, Kamu bisa melakukan Final Check pada In-Room Equipment.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News