Langkah-langkah Mencari Pemilik Barang Tertinggal di Hotel

Langkah-langkah Mencari Pemilik Barang Tertinggal di Hotel

AJAR Hospitality

Langkah-langkah Mencari Pemilik Barang Tertinggal di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Keberadaan fasilitas lost and found di hotel bertujuan untuk mempertemukan antara barang yang hilang dengan pemiliknya. Nah, ketika Kamu menemukan sebuah barang di area hotel pertama-tama periksa barang lost and found tersebut untuk menemukan petunjuk tentang pemiliknya, sehingga Kamu tahu ke mana barang harus dikembalikan.

Gimana ya caranya mengidentifikasi pemilik barang tersebut?

Menemukan pemilik dari barang yang ditemukan di kamar bisa dengan menanyakan pada front office perihal data tamu terakhir yang menghuni kamar tersebut. Data bisa dicek pada Guest History atau Registration Card. Apabila ada barang yang ditemukan di restoran/area makan, cobalah mengecek pada data reservasi meja: apakah ada data kontak yang bisa dihubungi?

Selain itu, cara paling mudah adalah mengecek isi benda tersebut (misalnya dompet, tas, atau buku agenda) karena Kamu bisa menemukan identitas pemilik di dalamnya. Kalau sudah diketahui nama pemilik, periksalah CRS/sistem internal untuk mencari data yang cocok.

Apa langkah selanjutnya kalau pemilik sudah diketahui?

Segeralah hubungi pemilik lewat panggilan telepon. Kalau ternyata pemilik barang merupakan tamu yang masih menginap, hubungi ke saluran telepon di kamarnya. Jika tamu sudah pergi dari hotel, maka hubungi nomor ponsel mereka. Setelah terhubung, konfirmasikan penemuan barang lalu tanyakan apakah mereka ingin mengambil barang tersebut. Bila setuju untuk diklaim, aturlah bagaimana prosedur pengambilan barang yang berlaku.

Lalu seperti apa cara pengembalian barang?

Untuk proses pengembalian barang, ada beberapa cara yang bisa Kamu pilih sesuai situasi dan kondisi:

  • Mengantarkannya langsung – apabila pemilik berada di hotel, seperti di kamar/area lainnya maka Kamu bisa mengantarkan found items secara langsung.
  • Mengirimkan lewat surat/jasa ekspedisi – opsi ini dilakukan bila tamu telah meninggalkan hotel dan tidak bisa datang kembali untuk mengklaim barangnya. Pastikan Kamu menanyakan alamat yang jelas agar paket sampai ke tujuan.
  • Meminta kurir untuk mengantar barang – Kamu bisa menunjuk staf hotel untuk menjadi kurir yang mengantarkan barang tersebut
  • Menunggu pemilik mengambilnya sendiri – jika pemilik barang setuju untuk mengambil ke hotel, cukup tanyakan saja kapankah dia akan datang dan apakah diwakilkan orang lain atau tidak.

Sahabat Ajarian, hal ini sudah menjadi tanggung jawab hotel untuk mengamankan setiap barang yang tertinggal, kemudian menyerahkannya pada sang empunya barang. Maka dari itu, bila Kamu ditugaskan untuk mengembalikan found items, bersikaplah tulus tanpa mengharapkan balasan dari tamu.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News