Langkah- Langkah Melakukan Reimburse untuk Purchaser di Hotel

Langkah- Langkah Melakukan Reimburse untuk Purchaser di Hotel

Editor Ajar

Langkah- Langkah Melakukan Reimburse untuk Purchaser di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Tahukah Kamu tentang Reimburse? Yups, reimburse adalah penggantian uang yang sudah dikeluarkan seseorang untuk melakukan pembayaran. Di dalam melakukan purchasing keluar, seorang Purchase akan dibawakan sejumlah uang berdasarkan jumlah nominal yang terdapat pada purchase order. Tetapi fakta di lapangan terkadang membuat seorang Purchaser harus mengeluarkan uang pribadi.

Ada dua pengeluaran yang biasanya menggunakan uang pribadi Purchaser, yakni pembayaran untuk parkir dan order dadakan. Nah untuk mengganti uang pribadi yang keluar, karena harus “nomboki” dahulu, maka seorang Purchaser akan melakukan reimburse kepada General Cashier.

Bagaimana sih langkah-langkah melakukan reimburse ke General Cashier?

Langkah-langkah melakukan reimburse ke General Cashier sebagai berikut:

  1. Kumpulkan nota pembelian yang menggunakan uang pribadi milik Purchaser
  2. Kumpulkan nota atau karcis parkir
  3. Setelah semua nota pembelian dan nota karcis terkumpul, langkah selanjutnya adalah meminta Admin dari departemen yang order dadakan tersebut untuk membuat purchase request
  4. Setelah purchase request selesai dibuat dan diotorisasi oleh Departement Head terkait, Purchaser akan membuat purchase order tambahan berdasarkan purchase request tersebut
  5. Selesai PO dibuat, langkah selanjutnya adalah menyerahkan PO tersebut kepada staf penerima barang untuk memperoleh receiving report (RR)
  6. Setelah receiving report selesai dibuat, barulah PORR, dan nota pembelian asli tersebut disteples jadi satu
  7. Serahkan bendel dokumen pembelian tersebut ke staf General Cashier
  8. Staf General Cashier akan memberikan form bukti reimburse untuk diisi oleh Purchaser dan mencocokkan jumlah nominal antara nota dengan PO dan RR
  9. Khusus uang untuk parkir tidak perlu menyerahkan PO dan RR, cukup nota parkir saja
  10. Bukti reimburse yang sudah diisi dan ditandatangani oleh Purchaser, kemudian disteples jadi satu dengan bukti pembelian tersebut untuk dimintakan otorisasi ke Accounting Manager
  11. Setelah Accounting Manager melakukan verifikasi dan pengesahan (tanda tangan), selanjutnya General Cashier akan mencatatkan pembukuan pembelian tunai
  12. Setelah selesai melakukan pencatatan, General Cashier akan menyerahkan uang penggantian atau uang reimburse ke Purchaser.

Pengeluaran dengan menggunakan uang pribadi Purchaser sebaiknya tidak sering dilakukan dan reimburse ini hanya dilakukan untuk pengeluaran yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan hotel saja bukan untuk pemenuhan kebutuhan pribadi (personal). Sehingga, aliran kas yang keluar tidak melebihi batas anggaran yang telah ditetapkan.

Di dalam melakukan permintaan pembelian sebaiknya merencanakan terlebih dahulu apa saja yang harus dibeli. Sehingga, seorang Purchaser tidak melakukan reimburse ke General Cashier dan order dadakan hanya untuk kepentingan yang benar-benar urgent.

Sahabat Ajarian! Itulah langkah – langkah melakukan reimburse, jika uang pribadi terpakai untuk menalangi pembelian barang kebutuhan hotel yang bersifat mendadak dan urgent.

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Related Article

AJAR in The News