Langkah Ke 5 Program Efisiensi Energi di Hotel: Monitoring

Langkah Ke 5 Program Efisiensi Energi di Hotel: Monitoring

AJAR Hospitality

Langkah Ke 5 Program Efisiensi Energi di Hotel: Monitoring

AJAR.id – Hello Ajarian! Setelah Kamu membaca Langkah ke-4 Pengembanga Diri dan Motivasi Staf, pada artikel ini akan diulas langkah kelanjutannya dalam proses efisiensi energi, yakni monitoring program efisiensi energi di hotel.

Dalam menjalankan rencana aksi, proses monitoring diperlukan untuk memberikan pengawasan dalam hal implementasi. Monitoring berguna untuk mengkaji apakah rencana yang dijalankan sudah efektif atau belum. Ketika rencana aksi terbukti kurang efektif, dengan adanya proses monitoring, hal ini dapat diidentifikasi lebih dini dan memungkinkan untuk melakukan modifikasi rencana aksi bila dianggap perlu.

Monitoring juga diperlukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penurunan pelayanan atau kenyamanan yang mungkin muncul. Proses monitoring juga bisa memberikan jawaban untuk mengatasi situasi-situasi seperti itu.

Contoh implementasi yang berisiko pada layanan:

Dengan mempersingkat waktu kerja chiller AC menjadi 4 jam, hotel dapat menghemat hingga Rp 5 juta per bulan. Chiller AC dapat diatur jadwal operasinya dari yang semula beroperasi pukul...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

AJAR in The News


DTA Square
Babarsari, Caturtunggal
Depok, Kab. Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta
55281 - Indonesia

Subscribe to our newsletter