Komunikasi Non-Verbal/Body Language yang Harus Kamu Ketahui

Komunikasi Non-Verbal/Body Language yang Harus Kamu Ketahui

AJAR Hospitality

Komunikasi Non-Verbal/Body Language yang Harus Kamu Ketahui

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Saat Kamu berkomunikasi, pesan yang Kamu sampaikan tidak hanya melalui kata-kata (verbal) saja namun juga melalui bahasa tubuh/body language. Bahasa tubuh disebut juga sebagai ‘komunikasi non-verbal’.

Komunikasi non-verbal itu bisa dilihat dari cara kita berdiri, cara berbicara, pakaian dan aksesoris yang dikenakan, serta ekspresi wajah. Hal-hal tersebut secara tidak langsung menyampaikan sesuatu pada lawan bicaramu. Maka dari itu, penting bagimu untuk menyesuaikan bahasa tubuh dengan perkataan yang disampaikan agar tidak timbul miskomunikasi.

Agar Kamu bisa mengontrol bahasa tubuhmu saat sedang berinteraksi, yuk kenali dulu jenis komunikasi non-verbal yang AJAR.id bahas kali ini!

  1. Isyarat tubuh
    Isyarat tubuh atau gestur yang dilakukan dengan sengaja akan membentuk isyarat yang mudah dipahami.

Contohnya: menangkupkan tangan pada daun telinga sebagai isyarat “Saya tidak bisa mendengar” atau menaruh telunjuk di bibir untuk meminta orang di sekitarmu agar tidak berisik. Isyarat tubuh yang Kamu lakukan harus mudah dipahami agar pesan bisa tersampaikan.

  1. Tingkah laku
    Sikap yang dilakukan seseorang untuk memberi penekanan pada perkataan mereka dikategorikan sebagai bentuk komunikasi non-verbal. Biasanya melibatkan...
Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News