Kenapa di Hotel Perlu Penghematan Energi? Ternyata Ini Manfaatnya

Kenapa di Hotel Perlu Penghematan Energi? Ternyata Ini Manfaatnya

AJAR Hospitality

Kenapa di Hotel Perlu Penghematan Energi? Ternyata Ini Manfaatnya

AJAR.id - Hello Ajarian! Tahukah Kamu jika bangunan, termasuk di dalamnya bangunan hotel, menggunakan 50% energi secara umum atau 70% listrik dari total konsumsi di Indonesia dan menjadi pengguna energi terbesar melebihi sektor industri dan transportasi? Besarnya konsumsi energi pada bangunan ini berkontribusi terhadap tingginya biaya operasional bangunan (sebesar 25-30%), selain kontribusi yang cukup besar terhadap emisi gas rumah kaca dan pemanasan global.

Penghematan energi menjadi salah satu solusi cerdas untuk diaplikasikan pada bangunan, terutama bangunan hotel. Nah, berikut ini manfaat-manfaatnya:

  • Di sektor perhotelan saat ini, keberhasilan menurunkan biaya energi dapat secara langsung meningkatkan pendapatan, tanpa perlu menaikkan tarif kamar ataupun menambah penjualan kamar hotel. Ditambah dengan potensi peningkatan harga listrik PLN secara bertahap, penghematan listrik di hotel menjadi salah satu daya tarik tersendiri, yang menguntungkan tidak hanya bagi pengelola hotel melainkan juga bagi karyawan dan tamu hotel dengan kenyamanan termal yang diperoleh.
  • Di samping keuntungan finansial dan pelayanan, penghematan energi juga merupakan bentuk kepedulian terhadap keberlangsungan lingkungan hidup yang berdampak pada kehidupan sosial kemasyarakatan. Di tengah isu perubahan iklim dan pemanasan global saat ini, bentuk kepedulian terhadap lingkungan dapat meningkatkan citra hotel di...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News