Kemungkinan Bahaya dan Risiko dari Peralatan dan Fasilitas Kerja

Kemungkinan Bahaya dan Risiko dari Peralatan dan Fasilitas Kerja

AJAR Hospitality

Kemungkinan Bahaya dan Risiko dari Peralatan dan Fasilitas Kerja

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam artikel Kemungkinan-Kemungkinan Bahaya dan Risiko di Lingkungan Fisik kita telah membahas mengenai analisa potensi risiko yang dapat ditimbulkan dalam lingkungan kerja. Nah, selanjutnya dalam artikel kali ini, AJAR.id akan melanjutkan penelusuran tersebut terhadap peralatan serta fasilitas kerja yang tersedia.

Dua hal penting dalam memastikan dampak serta risiko yang dapat ditimbulkan oleh peralatan atau fasilitas kerja meliputi kondisi (baik secara fisik maupun fungsi) peralatan maupun fasilitas tersebut, dan para pekerja yang menggunakannya.

Mengapa demikian? Sebaik apa pun kondisi yang dimiliki suatu alat tapi bila tidak diimbangi dengan kecakapan penggunaan tentu akan dapat berpotensi menimbulkan risiko kerja terhadap karyawan yang menggunakannya tersebut.

Lalu, apa sajakah yang harus diperhatikan pada saat melakukan inspeksi kemungkinan risiko suatu alat dan fasilitas?

Berikut merupakan hal-hal yang harus masuk ke dalam pertimbanganmu ketika sedang melakukan proses inspeksi bahaya dan risiko terdapat alat atau fasilitas industri:

  1. Memastikan perawatan dan pemeliharaan rutin dilakukan terhadap semua peralatan, instalasi, dan mesin sesuai dengan yang dianjurkan oleh pihak pembuat.
  2. Memastikan para...
Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News