Karakteristik Demografi dari Target Pasar Hotel (Part 1)

Karakteristik Demografi dari Target Pasar Hotel (Part 1)

AJAR Hospitality

Karakteristik Demografi dari Target Pasar Hotel (Part 1)

AJAR.id – Hello Ajarian! Karakteristik demografi diperlukan untuk mendefinisikan sebuah target pasar dan bisa juga digunakan untuk menggambarkan jenis-jenis customer yang berada di ‘pasar’.

Mengapa hal ini penting untuk Kamu ketahui?

Dengan mengenali karakteristik demografi dari target pasarmu, Kamu akan terbantu dalam mencari apa yang mereka mau, bagaimana cara melayaninya dan apa saja yang sebaiknya tidak direkomendasikan kepada target pasar tersebut. 

Kamu harus menghubungkan karakteristik ini dengan pasar individu secara spesifik dan produk atau layanan yang ditawarkan kepada mereka.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan menjelaskan berbagai jenis karakteristik demografi yang umum dipakai oleh pelaku bisnis yang menggunakan konsep target pasar (target market) dan pasar niche (niche market).

Apa saja pembagian karakteristik demografi yang berkaitan dengan target pasar?

  1. Usia – umumnya karakter yang berdasarkan usia akan dideskripsikan sebagai berikut:
  • Rentang umur – misalnya, 18 – 35 tahun
  • Batasan minimal/maksimal – misalnya, di atas 21 tahun atau di bawah 65 tahun
  • Deskripsi spesifik – misalnya ‘balita’, ‘remaja’, ‘dewasa’, tanpa ditentukan usia...
Yuk masuk sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in


Kamu juga bisa membaca artikel ini di:

Recommended Posts

AJAR in The News