Kapan COROnya Ilang? Saya Harus Ngapain? Akankah Kembali Normal?

Kapan COROnya Ilang? Saya Harus Ngapain? Akankah Kembali Normal?

Ikin

Kapan COROnya Ilang? Saya Harus Ngapain? Akankah Kembali Normal?

AJAR.id - Banyak diantara kita mungkin bertanya, Kapan CORO-nya ilang? Apa yang harus saya lakukan ketika di rumah tanpa kerja? 

Kedua pertanyaan itu sangat mudah di lontarkan, tapi jawabanya SUSAH

Pertama, Kapankah CORO itu akan lenyap? Jika merujuk pada hasil riset yang di rilis oleh Singapore University of Technology and Design (SUTD), hampir mayoritas negara-negara di ASIA dan belahan benua lainnya, CORO itu akan hilang di sekitar bulan Mei dan Juni 2020, sedangkan wabah di Indonesia berakhir pada bulan Juni 2020.

Namun, itu kan itungan manusia dan penelitinya sendiri juga bilang bahwa hasil riset itu hanya untuk konsumsi ilmuan saja dan bisa saja terdapat kesalahan prediksi walau pun dibuatnya pakai alogartima canggih ala AI (Berita: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4991754/wabah-corona-di-indonesia-diprediksi-selesai-6-juni). Semoga saja Tuhan berkata lain dengan membubarkan CORO dari bumi dan langit Indonesia secepatnya.

Kedua, lalu Apa yang harus saya lakukan? Akankah semua akan kembali normal seperti sediakala? 

Selama Periode Pandemi

Jawab: Lakukan Apa yang kamu bisa lakukan sekarang!, Don't wait. Misalnya melakukan aktivitas produktif seperti membaca maupun menulis untuk mengisi kesibukan kamu di rumah. Tulislah pengalaman kerja kamu setiap hari dengan cara di cicil. Lama-lama bisa jadi buku kan? Selain itu, bacalah tulisan-tulisan yang membuat kamu semangat dengan cara mempelajari bidang-bidang ilmu yang belum kamu kuasai.

Lalu, gimana cara saya bertahan hidup selama Pandemi? Saya sudah tidak punya gaji lagi?

Nah, kalau ini jawabannya susah banget dijawab karena setiap individu pastinya punya cara yang berbeda-beda. Ada yang berbisnis jualan pecel online dan diantarkan ke rumah pembeli disekitran komplek rumahnya, ada juga yang menggunakan uang tabungan, jual emas, jual apa saja untuk bertahan hidup setidaknya bisa bertahan sampai pandemi ini selesai. Syukur-syukur ada modal untuk running bisnis kecil-kecilan misalnya Laundry Kiloan, Jual makanan atau bisnis kecil lainnya. 

Setelah Periode Pandemi

Apakah kita akan kembali normal dalam bekerja?

Jawab: Enggak tahu, bisa iya bisa juga tidak. Tapi yang jelas, gaya hidup manusia akan berubah, cara kita bekerja juga akan berubah karena tamu akan menjadi sangat selektif dalam memilih hotel karena bisa jadi mereka trauma atas musibah CORO ini. Nah, sebagai hotelier kita harus siap untuk beradaptasi dengan prosedur baru atau aturan baru dalam menjalankan pekerjaan kita.

Akankah manusia mulai digantikan dengan robot paska Pandemi? Hospitality is about human touch, without people it is not hospitality industry! Jadi, enggak usah khawatir karena asset utama di Industri kita adalah Karyawan. Sarannya para HR: Pelajari aja terus skill kamu, takutnya nanti pas kamu masuk kerja lagi jadi lupa apa yang harus kamu lakukan karena kelamaan di rumah.     

Salam Jempol!

Ikin Solikin 

   

  

  

Recommended Posts

AJAR in The News