Jangan Sampai Salah! Ini Nih Alat dan Bahan yang Sesuai untuk Membersihkan Furnitur Kulit

Jangan Sampai Salah! Ini Nih Alat dan Bahan yang Sesuai untuk Membersihkan Furnitur Kulit

Editor Ajar

Jangan Sampai Salah! Ini Nih Alat dan Bahan yang Sesuai untuk Membersihkan Furnitur Kulit

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Setelah mengetahui apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membersihkan kulit, sekarang Kamu perlu mengetahui apa saja sih alat dan bahan yang sesuai untuk membersihkan kulit. Nah, pada artikel ini, AJAR.id akan memaparkannya dengan rinci.

Seperti yang Kamu ketahui bahwa pemilihan alat dan bahan kimia ini juga penting, karena pemilihan alat dan bahan yang salah bukannya menjadi bersih dan awet, namun sebaliknya yakni dapat merusak kulit. Oleh karena itu, Kamu harus tahu bahan-bahan dan alat-alat yang sesuai digunakan untuk membersihkan furnitur kulit.

Apa saja kah alat-alat dan bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membersihkan kulit?

Pertama-tama, Kamu harus menyiapkan dulu peralatan-peralatan yang diperlukan seperti:

  • Vacuum cleaner ─ mesin vacuum dapat membersihkan secara efektif karena mampu menyedot setiap partikel debu hingga ke sela-sela terdalam
  • Ember ─ berfungsi sebagai wadah air atau larutan cairan pembersih
  • Kain lembut ─ untuk membersihkan permukaan kulit
  • Sikat gigi/sikat kecil berbulu halus ─ digunakan untuk untuk menyikat celah-celah kulit yang berdebu
  • Sikat besar berbulu halus ─ untuk menghilangkan noda membandel di permukaan lebih luas
  • Lap halus ─ untuk memoles permukaan kulit di tahapan akhir pembersihan.

Bila peralatan telah siap sedia, kini Kamu perlu menyiapkan produk pembersih untuk bahan kulit. Karena sifat alaminya, sering kali bahan kimia yang kuat tidak bisa digunakan sebagai cairan pembersih. Untuk hal ini Kamu harus hati-hati, jangan sampai salah pakai produk! Tentunya, Kamu gak mau kan furnitur yang semestinya bersih malah jadi rusak atau cacat.

Adapun produk-produk yang umumnya digunakan di antaranya:

  • Pelembab ─ atau bisa juga menggunakan chemical apapun yang berbahan dasar minyak. Fungsinya untuk membersihkan secara keseluruhan permukaan kulit
  • Solvent ─ berfungsi menghilangkan jenis noda tertentu
  • Wax – adalah pelembut bahan kulit untuk melindungi kulit dari noda dan sebagai pelindung lapisan dari pemakaian atau sobekan. Krim ini akan melindungi serta mengembalikan kembali bau alami kulit. Biasanya dibaurkan pada furnitur saat general cleaning tahunan
  • Produk-produk yang direkomendasikan pabrik ─ bisa dikonsultasikan dengan pabrik atau pihak produsen yang memproduksi furnitur tersebut.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa yang terpenting dalam menggunakan alat dan bahan untuk membersihkan kulit adalah memilih yang selembut dan sehalus mungkin. Sehingga, tekstur serta warna alami kulit bisa tetap terjaga keasliannya. Jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan karet saat membersihkannya ya! Pastikan juga kalau Kamu sudah menjalankan cara membersihkan furnitur dengan benar.

Salam Jempol!

By Inas Nadiyah

Related Article

AJAR in The News